Analisis Tingkat Pelayanan pada Ruas Jalan Dr. Ratulangi Kota Palopo

Authors

  • Andi Alifuddin Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Maryam Hafram Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Rani Bastari Alkam Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Dwi Suci Ramadhani Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Fitrahalia Bontong Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/vyh81b86

Keywords:

Volume lalu lintas, kecepatan, kepadatan, tingkat pelayanan

Abstract

Tingkat kepemilikan suatu kendaraan yang semakin tinggi merupakan suatu masalah yang memicu timbulnya arus lalu lintas yang meningkat pada ruas jalan, serta tingkat kesadaran masyarakat yang rendah dalam mematuhi aturan lalu lintas yang dampaknya menimbulkan konflik lalu lintas, tetapi masih dikategorikan aman. Jalan Dr. Ratulangi merupakan jalan utama yang berada di Kota Palopo. Dimana pada kondisi tersebut banyak kendaraan yang melintas sehingga pada jam-jam tertentu dapat timbul berbagai konflik lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik lalu lintas dan analisis tingkat pelayana pada ruas jalan Dr. Ratulangi Kota Palopo. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan volume lalu lintas tertinggi pada titik 1 terjadi pada hari rabu arah utara 803 smp/jam dan arah selatan 881 smp/jam, untuk lokasi titik 2 volume tertinggi pada arah dengan jumlah 1121 smp/jam dan arah selatan 1125 smp/jam. Tingkat pelayanan yang didapatkan pada titik 1 untuk arah utara yaitu B dan untuk arah selatan C, sedangkan tingkat pelayanan titik 2 diperoleh C untuk arah utara dan pada arah selatan C.

References

Abdullah, P. M. (2015). Living in the world that is fit for habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo.

Arrang, A. T. (2020). Hubungan Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalulintas Di Jalan Dr. Ratulangi (Depan City Market Palopo) Menggunakan Model Greenshields. Journal Dynamic Saint, 4(2), 803–810. https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v4i2.882

Kayori, R. F., Sendow, T., Longdong, J., & M.R.E, M. (2013). Analisis Derajat kejenuhan Akibat Pengaruh Kecepatan Kendaraan Pada Jalan Perkotaan Di Kawasan Komersil (Studi Kasus: Di Segmen Jalan Depan Manado Town Square Boulevard Manado). Jurnal Sipil Statik, 1(9), 608–615.

Lalenoh, R. H., Sendow, T. K., & Jansen, F. (2015). Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode Mkji 1997 Dan Pkji 2014. Jurnal Sipil Statik, 3(11), 737–746.

Nursalam, T. muhammad taufiq. (2016). Analisis hubungan volume, kecepatan, dan kepadatan arus lalu lintas pada ruas jalan Prof. DR. H.B. Jassin dengan membandingkan metode greenshield dan metode greenberg. Teknik Sipil & Perencanaan, 6(1), 59–68.

Prayitno, E. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan( Ruas Jalan Jhoni Anwar , Simpang Tinju - SJS Plaza , Lapai , Kota Padang). 549–556.

Rini, Hani, S., & Hutagalung, D. B. (2021). analisis tingkat pelayanan pada ruas jalan sisingamangaraja simpang raya yuki. 1(1), 44–53.

Sangadah, K. (2020). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Juanda Sampai Simpang Jalan Mahkamah Kota Medan. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Downloads

Published

2023-06-30

Similar Articles

1-10 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>