Faktor yang Mempengaruhi Kemacetan Lalu Lintas Serta Dampak Sosial Ekonomi Bagi Masyarakat

Authors

  • Saddang Mustafah Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Maryam Hafram Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/bzb03t28

Keywords:

pendapatan, jumlah penduduk, kepemilikan kendaraan, faktor stress

Abstract

Hilangnya waktu dan biaya tambahan adalah salah satu elemen yang menambah efek finansial dari kemacetan. Kemacetan membuat pengguna jalanan menimbulkan biaya tambahan untuk membeli bahan bakar bahan bakar. Buruh juga hilang penghasilan karena telat masuk kerja. Terjadinya kemacetan menyebabkan individu sebagai pengguna jalan merasa polusi, stres, waktu terbuang sia-sia karena macet, pengurangan jam aktivitas operasional kerja, biaya tambahan bensin, dan gaji berkurang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial ekonomi dari kemacetan serta besarnya pengeluaran yang dialami oleh pengguna jalan. Metodologi CVM yang digunakan dalam pemeriksaan ini memiliki beberapa bagian dalam pengaplikasiannya. Bagian - bagian ini nantinya akan mengarahkan pemeriksaan ini  untuk  mencapai  manfaat  yang  diinginkan,  yaitu  WTA  dari pengguna jalan yang terjebak macet. Jika mereka macet macet lalu biayanya ditambah menjadi Rp. 18.171,12 dan untuk motor Rp. 7.162,65. Factor-factor yang secara fundamental mempengaruhi nilai WTA klien jalanan adalah pelatihan, gaji, jenis pekerjaan, usia, lamanya keterbukaan. hambatan, jarak tempuh perjalanan, dan kelas klien jalanan. Total kerugian yang terbuang dari klien jalanan yaitu Rp 37.323,89. Kehilangan gaji total karena kemacetan di Kec. Biringkanaya Kota Makassar adalah Rp 5.314.657.178.00 setiap hari.

References

Aris, A. (2012). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Akibat Kemacetan Lalulintas (Studi Kasus Area Sekitar Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah, 1, 1–14.

Hidayat, R., & H, D. S. A. (2017). Dampak Kemacetan Terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2(1), 176–186.

Kusumawati, D., Matondang, R., & Rujiman. (2013). Kajian Kemacetan, Biaya Kemacetan Serta Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Permukiman Dalam Kaitannya Dengan Pengembangan Wilayah Di Kecamatan Medan Johor. Ekonom, 16(4), 157–168.

Sapta, R. D. W. I., Ekonomi, D., Dan, S., Ekonomi, F., & Manajemen, D. A. N. (2009). Dampak Kemacetan Lalu Lintas dengan Contingent Valuation Method (CVM) ( studi kasus : kasus kota bogor , jawa barat ). Cvm.

Yunita, R. (2017). Analisis Dampak Kemacetan Terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Di Kota Makassar.

Downloads

Published

2021-10-31

Similar Articles

1-10 of 40

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>