Analisis Kinerja Ruas Jalan Tamalanrea Raya Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/c3bxtg64Keywords:
Indeks Tingkat Pelayanan, Derajat kejenuhan, Kecepatan Lalu LintasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Indeks Tingkat Pelayanan Jalan. Studi kasus diambil pada ruas jalan Tamalanrea Raya yang merupakan salah satu jalan kolektor di Makassar. Indeks Tingkat Pelayanan pada dasarnya mengukur kualitas layanan pada kondisi lalu lintas yang berbeda melalui identifikasi Volume to Capacity Ratio atau kecepatan lalu lintas. Indonesian Highway Capacity Manual (1997) mendefinisikan Volume to Capacity Ratio sebagai bagian dari perameter kinerja jalan dan diukur melalui rasio perbandingan arus lalu lintas dan kapasitas jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil identifikasi tingkat pelayanan berbeda tergantung pada ketiga acuan yang digunakan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kriteria untuk mengevaluasi kondisi aktual jalan dan membandingkannya dengan kondisi ideal yang seharusnya.
References
Bappenas. 2019. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.
HCM. 2000. Highway Capacity Manual. Washington, DC. Transportation Research Board of The National Academies.
IHCM. 1997. Indonesian Highway Capacity Manual. Direktorat Jenderal Bina Marga Republik Indonesia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.
Tamin, O.Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi: Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi. Bandung. Penerbit ITB.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.
Wunas, S., Natalia, V.V. 2015. Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Kota Makassar. Jurnal Transportasi,15(3),169-178.