Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas dan Pencemaran Udara Karbon Monoksida

Studi Kasus Ruas Jalan R.A Kartini Kota Sengkang

Authors

  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Fatmah Arsal Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Andi Nurevalina Madami Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Nur Inzani Al’alim Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/wm3v0n93

Keywords:

Pencemaran Udara, CO2 (Karbon Monoksida), Kebisingan

Abstract

Dampak buruk dari kebisingan dan pencemaran udara terhadap kesehatan manusia akan terjadi apabila melewati standar yang telah ditetapkan. Suatu penelitian telah dilakukan untuk menganalisis tingkat kebisingan dari lalu lintas dan pencemaran udara karbon monoksida di ruas jalan R.A Kartini, Kota Sengkang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebisingan dan pencemaran udara yang dihasilkan oleh kendaraan, menyebabkan peningkatan nilai bising dan konsentrasi karbon monoksida di udara. Metode penelitian melibatkan pengamatan langsung dan pengukuran pada beberapa titik di ruas jalan tersebut. Selama periode penelitian selama 3 hari, menggunakan alat Sound Level Meter dan CO Meter, didapatkan nilai kebisingan tertinggi sebesar 82,16 dB(A) pada hari Senin, sementara pencemaran udara karbon monoksida mencapai nilai tertinggi sebesar 22,00 µg/Nm3 atau setara 19,23 ppm. Melihat hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ruas jalan R.A Kartini melampaui batas standar kebisingan yang diizinkan sesuai Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.48 tahun 1996. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengurangi intensitas lalu lintas di ruas jalan tersebut. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah menerapkan sistem transportasi berkelanjutan atau meningkatkan pengaturan lalu lintas, dengan harapan dapat mengurangi tingkat kebisingan dan pencemaran udara yang terjadi.

References

Ahmad Fuadi F, Mukhtar T S, A. G. (2022). Analisis Tingat Ke-bisingan Lalu Lintas Dan Pe-nanganannya Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman kota Pa-lopo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Mus-lim Indonesia.

Angga P, Arianti, St.Fauziah B, Mukhtar T S, M. H. M. (2022). Pengaruh Aktivitas Kendaraan Bermotor Terhadap Kebisingan dan Polusi Udara di Kawasan Pusat perbelanjaan Mall Panakukkang Makassar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa-Teknik Sipil Universitas Mus-lim Indonesia, 4(1 Januari), 7–14.

Balirante, M., Lefrandt, L. I. R., & Kumaat, M. (2020). Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Di Jalan Raya Ditinjau Dari Tingkat Baku Mutu Ke-bisingan Yang Diizinkan. Jurnal Sipil Statik, 8(2), 249–256.

Noviani, E., Tobing, K. R. L., Tetriana, I., & Istirokhatun, T. (2013). Pengaruh Jumlah Kendaraan dan Faktor Meteorologis (Suhu, Kecepatan Angin) Terhadap Peningkatan Konsentrasi Gas Pencemar CO, NO2, dan SO2 Pada Persimpangan Jalan Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Karangrejo Raya, Sukun Raya, dan Ngesrep Timur V). DIPOIPTEKS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Undip, 1(1), 25–28.

Riswar. M, Lambang B S, Ilham Syafei, F. A. (2023). Analisis Hubungan Arus Lalu Lintas dan Pencemaran Udara Kar-bon Monoksida (Studi Kasus Jalan Lapangan Andi Makks-sau Kota Pare-Pare). Jilmateks, 1, 1–11.

Soekamto, T. H., & Perdanakusuma, D. (2008). Intoksikasi karbon monoksida. Journal Airlangga University, 1(1), 1–20.

Suroto, W. (2010). Terhadap Per-mukiman Kota ( Kasus Kota Surakarta ). Journal of Rural and Development, 1 no.1(Februari), 55–62.

Downloads

Published

2024-02-29

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)