Analisis Panjang Antrian Dan Tundaan Pada Persimpangan Bersinyal Jl. Diponegoro – Jl. Gatot Subroto – Jl. By Pass – Jl. M.H. Thamrin di Kota Raha

Authors

  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Salim Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muh. Sumartono Ismail Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zycinta Aradhea Nirmalasari Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/88f3qp89

Keywords:

Persimpangan Bersinyal, Panjang Antrian, Tundaan

Abstract

Transpotasi merupakan aspek kehidupan yang mempunyai peranan dalam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Permasalahan transportasi di kota besar semakin meningkat dari waktu ke waktu dengan kemajuan ekonomi dan tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor  Pada simpang Jl. Diponegoro – Jl. Gatot Subroto – Jl. By Pass - Jl. M.H. Thamrin Di Kota Raha volume kenderaan yang melalui persimpangan tersebut sangat tinggi, sehingga pada persimpangan ini mengakibatkan kemacet lalu lintas. Tinjauan arus jenuh dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kapasitas simpang yang dapat ditampung oleh simpang tersebut dan melihat perbedaan nilai arus jenuh terhadap simpang yang jenuh dan tidak jenuh. Maksud dari penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja ruas jalan, antrian dan tundaan pada simpang bersinyal. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis data digunakan dengan menggunakan cara manual seperti dalam Manual   Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) untuk simpang bersinyal. Dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu kinerja persimpangan bersinyal Jln. Gatot Subroto - Jln. M.H. Thamrin - Jln. By Pass - Jln. Diponegoro yaitu menghasilkan nilai D (arus tidak stabil). Antrian Lalu-lintas Pada Simpang Bersinyal yaitu 31,25 m untuk pendekat utara sebesar, 24,39 m untuk pendekat selatan, 28,57 m untuk pendekat timur, 33,33 m untuk pendekat barat. Tundaan rata – rata untuk seluruh simpang sebesar 43,19 det/smp.

References

Awaluddin, R., Jensi, A. S., Basri Said, L., Thahir Syarkawi, M., Abd Muin, S. (2023). Studi Kinerja Simpang Tak Bersinyal dan Perencanaan Traffic Light Akibat Perubahan Arus Lalulintas pada Persimpangan Jalan Penghibur – Jalan Metro Tanjung Bunga. JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Volume 5 Nomor 1 Januari. https://mail.jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/JILMATEKS

Budiman, A., Intari, D. E., & Mulyawati, D. (2016). ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG BORU KOTA SERANG. In Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa | (Vol. 5, Issue 2).

Budiman, A., Intari, D. E., Sianturi, D. L. (2016). Analisis Kapasitas Dan Tingkat Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Palima. In Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa | (Vol. 5).

Kumalawati, A., Sir, T. M. W., & Woda, D. (2022). KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG EMPAT DI KOTA ENDE. In Jurnal Teknik Sipil (Vol. 11, Issue 1).

Lubis, M., Tarigan, G., Suharamadhan, A., & Batubara, H. (2022). ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN KOL. YOS SUDARSO-JALAN PULAU SUMATERA DI KELURAHAN MABAR, KECAMATAN MEDAN DELI KOTA MEDAN. In Cetak) Buletin Utama Teknik (Vol. 17, Issue 2). Online.

Downloads

Published

2024-02-29

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)