Analisis Komparasi Layanan Angkutan Online dan Konvensional Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Kota Makassar

Authors

  • Hamzah Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ilham Syafei Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/v78rgn26

Keywords:

Tarif, pelayanan, keamanan, transportasi online, transportasi konvensional

Abstract

Pertumbuhan bisnis transportasi darat berbasis online di Indonesia khususnya Kota Makassar cukup cepat, ditandai dengan bermunculannya para pelaku bisnis transportasi atau perusahaan sejenis seperti Gojek, Grab, dan Maxim sehingga terjadi persaingan antara transportasi online dan konvensional. Tujuan penelitian menganalisis komparasi aspek efektifitas, efisiensi, tarif/biaya, pelayanan dan keamanan angkutan online dengan konvensional terhadap kepuasan pengguna jasa/penumpang di Kota Makassar. Data dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan Aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien variabel efektifitas sebesar 0,195 atau 19,5%, Efisiensi sebesar 0,214 atau 21,4%, tarif/biaya sebesar 0,237 atau 23,7%, pelayanan sebesar 0,183 atau 18,3%, dan keamanan sebesar 0,196 atau 19,6% untuk Angkutan Umum Konvensional, sedangkan nilai koefisien variabel efektifitas sebesar 0,185 atau 18,5%, Efisiensi sebesar 0,236 atau 23,6%, tarif/biaya sebesar 0,191 atau 19,1%, pelayanan sebesar 0,085 atau 8,5%, dan keamanan sebesar 0,292 atau 29,2% untuk Angkutan Umum Online.

References

Ali, M., Kharis, A., & Karlina, D. (2019). Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Dalam Penggunaan Jasa Ojek Online (Go-Jek) Di Kota Mataram. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 6(2), 75. https://doi.org/10.31764/jiap.v6i2.641

Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan. (2017). Transportasi Sebagai Pendukung Sasaran Pembangunan Nasional. Dephub.Go.Id. http://dephub.go.id/post/read/transportasi-sebagai-pendukung-sasaran-pembangunan-nasional

Kamaluddin, R. (2003). Ekonomi transportasi: karakteristik, teori, dan kebijakan. Ghalia Indonesia.

Kurniawati, W. D., Muchsin, S., & Suyeno, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Efisiensi dan Harga Transportasi Berbasis Online Go-Jek Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Malang Raya). Respon Publik, 13(4), 87–98.

Munawar, A. (2005). Dasar-dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset.

Pradana, M., Diandri, M., & Wijaksana, T. I. (2015). Faktor-Faktor Aplikasi Go-Jek Indonesia Menurut Persepsi Pelanggan Di Kota Bandung. 1–6.

Rifaldi, R., Kadunci, K., & Sulistyowati, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/i Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Epigram, 13(2).

Steenbrink, P. A. (1974). Transport network optimization in the Dutch integral transportation study. Transportation Research, 8(1), 11–27.

Thahir, M., Hakim, A., Wicaksono, A., & Said, L. B. (2019). Modelling user perception of sustainable public transportation in Makassar city Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 1656–1668.

Yulia, Y. A., & Sari, C. T. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Elektronik Pada Layanan Transportasi Online: Studi Kasus Pengguna Go-Jek Di Surakarta. EXCELLENT, 6(1), 23–28.

Downloads

Published

2021-06-30

Similar Articles

1-10 of 31

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>