Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Gowa

Authors

  • Syahrul Rezi Ismail Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Hanafi Ashad Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Watono Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/an2a1x25

Keywords:

Tingkat kepuasan, tingkat kepentingan, izin mendirikan bangunan

Abstract

Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Gowa merupakan dinas teknis yang memiliki kewenangan dalam hal pelayanan IMB dan mengatur perencanaan dengan peruntukannya, dimana instansi terkait harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Faktor utama yang menentukan keberhasil setiap organisasi/instansi dalam melayani masyarakat adalah tercapainya kepuasan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IMB, kesesuaian antara kepuasan dengan kepentingan masyarakat terhadap pelayanan IMB, dan atribut yang seharusnya prioritas agar diperbaiki dalam pelayanan IMB di Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Gowa. Penelitian ini termasuk sebagai penelitian kuantitatif dan pengambilan data dengan metode survey. Hasil menunjukkan bahwa: Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IMB di Dinas Tata Tuang dan Bangunan Kabupaten Gowa diperoleh rata-rata sebesar 3.22 dengan kategori cukup tinggi, Kesesuaian antara kepuasan dengan kepentingan masyarakat terhadap pelayanan IMB di Dinas Tata Tuang dan Bangunan Kabupaten Gowa sebesar 89,95%, dan Atribut yang perlu menjadi perhatian agar diperbaiki dalam layanan IMB di Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Gowa adalah layanan online.

References

Ganir, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau. Tesis. Universitas Terbuka Jakarta.

Mote, F. (2008). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Ngesrep Semarang. Universitas Diponegoro.

Mustafa, D. (2016). Tanggung Jawab dan Responsivitas Birokrasi Pemerintahan Dalam Pelayanan Publik Di Kota Makassar (Studi Kasus Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Dinas Tata Ruang Dan Bangunan Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5(2), 79–92.

Ndjurumbaa, T. (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat atas kualitas pelayanan di Puskesmas Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Universitas Terbuka.

Sulistyani, D. P. (2017). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Kantor Kecamatan Landasan Ulin. Kindai, 13(2).

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions And Expectations. Simon and Schuster.

Downloads

Published

2021-10-31

Similar Articles

1-10 of 57

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>