Simulasi Optimalisasi Pembebanan Lalu Lintas pada Rencana Pengoperasian Middle Ring Road dengan Menggunakan Aplikasi Vissim

Authors

  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Maryam Hafram Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Andi Iin Irmalia Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/0nfrqb27

Keywords:

Vissim, makrosimulasi, panjang antrian, Level Of Service (LOS)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh dibukanya akses jalan Middle Ring Road (MRR) dan memperoleh simulasi terbaik melalui makrosimulasi yang di terapkan di Software Vissim Student Version. 9 berdasarkan aspek Panjang antrian dan Level Of Service (LOS). Penelitian ini dilakukan di beberapa simpang/ruas jalan yaitu, ruas Jalan Perintis Kemerdekaan, Simpang Perintis Kemerdekaan, - Urip Sumiharjo- Jalan Dr. Leimena, Jalan Dr. Leimena - Jalan Abdullah Dg. Sirua, dan Jln. Baruga Antang - Jln Inspeksi PAM - Jalan Antang Raya. Penelitian ini menggunakan lima Makrosimulasi yang diterapkan di Software Vissim. Dari hasil penelitian dan olah data diperoleh, metode yang digunakan, metode yang lebih cocok diterapkan adalah tanpa menggunakan APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalulintas) karena  mendistribusikan kendaraan ke ruas Awal dan Akhir MRR secara merata (selisih kendaraan tidak jauh berbeda), simulasi yang tepat digunakan adalah Simulasi II (Tidak menggunakan APILL pada awal ruas MRR dan pada akhir ruas semua kendaraan belok ke kanan arah Jln. Abd. Dg. Sirua). Berdasarkan aspek panjang antrian mampu mengurangi panjang antrian secara signifikan di Simpang Adipura dan Leimena dan berdasarkan Level of Service (LOS) diperoleh kondisi simpang yang mulanya cenderung Macet-Padat Merayap berubah menjadi Padat-Lancar.

References

Anwar Ginanjar, & Ida Farida. (2019). Pemodelan Simpang Bersinyal Terhadap Kinerja Simpang Jalan Terusan Pembangunan dan Jalan Proklamasi di Kabupaten Garut. Jurnal Konstruksi, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.33364/konstruksi/v.17-1.589

Maulana, A., & Nugraha, F. A. (2019). Studi Mikrosimulasi Penilaian Kinerja Persimpangan Bersinyal Jalan Ir. H. Juanda - Cikapayang. Jurnal Teknik Sipil (Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil), 26(2), 183–188.

Pamusti, G., Herman, & Maulana, A. (2017). Kinerja Simpang Jalan Jakarta-Jalan Supratman Kota Bandung dengan Metode MKJI 1997 dan Software PTV Vissim 9. Reka Racana, 3(3), 52–62.

Pebriyetti, Widodo, S., & Akhmadali. (2018). Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya Pontianak, Kalimantan Barat). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 5(3), 1–14.

Yulianto, R. A., & Munawar, A. (2017). Penentuan Kapasitas Jalan Bebas Hambatan dengan Aplikasi Perangkat Lunak Vissim. Jurnal Transportasi, 17(2), 123–132.

Downloads

Published

2022-06-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>