Analisa Perkerasan Kaku Menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Rencana Anggaran Biaya
Studi Kasus Akses Jalan Penghubung Salujambu-Salupao
DOI:
https://doi.org/10.33096/jhspc802Keywords:
perkerasan kaku, lalu lintas, MDPJ 2017, biayaAbstract
Salujambu adalah salah satu desa di kecamatan Lamasi yang memiliki sumber daya alam seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan tambang yang harus didukung dengan ketersediaan prasarana jalan untuk mendorong perkembangan ekonomi wilayah dan untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan. Pemilihan perkerasan kaku sebagai jenis perkerasan dengan alasan bahwa perkerasan lentur yang selama ini diterapkan pada pembangunan jalan di wilayah kecamatan Lamasi cepat rusak. Metode yang digunakan dalam perencanaan perkerasan kaku adalah menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) 2017. Desa Salujambu termasuk kategori daerah dengan lalulintas rendah maka dipilih jenis perkerasan kaku ringan. Hasil Analisis diperoleh ketebalan perkerasan beton semen 17,5 cm, tebal Lapis Pondasi Agregat Kelas A 12,5 cm, tebal Timbunan Pilihan dari sumber galian untuk Stabilitasi Tanah Dasar 15 cm, tidak menggunakan bahu pelat beton, tidak menggunakan tulangan distribusi retak, tidak menggunakan dowel dan tidak menggunakan beton kurus. Panjang rencana perkerasan kaku ringan adalah 960 meter dengan lebar perkerasan beton adalah 5.5 meter. Besar anggaran biaya Rp. 3.198.104.327,-
References
Dirjen Bina Marga. (2018). Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan Dan Jembatan No.02./SE/Db/2018. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.
Dirjen Bina Marga. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2017. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.
Elyas Aditiya, R., & Siswoyo. (2020). Perencanaan Rigid Pavement dan Rencana Anggaran Biaya di Jalan Babat - Batas Jombang Kabupaten Lamongan. Axial, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi , 8(2), 79–090.
Nanang, L. O., Azikin, M. T., Ahmad, S. N., & Rustan, F. R. (2020). Analisis Tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Metode Manual Desai Perkerasan 2017 (MDP 2017) (Studi Kasus: Jalan Wisata Kendari-Toronipa). STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 8(2), 71–78.
Kemen PUPR. (2022). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rencana Anggaran Biaya.
Kurniawan, D., & Sastra, M. (2021). Perancangan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan PD T-14-2003 (Studi Kasus: Jalan Sudirman KM 36,4 - KM 39,4 Desa Bantan Timur - Muntai Barat). Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi (TEKLA), 3(1), 31–40.
Litbang Prasarana Transportasi. (2003). Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen No. Pd T-14-2003. Jakarta: Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah.
Nisak, K., & Saputra, H. (2019). Perencanaan
Tebal Perkerasan Kaku dan Rencana Anggaran Biaya pada Jalan Pangkalan Nyirih, Rupat. Jurnal Teknik Sipil dan Aplikasi (TEKLA), 1(1), 19–26.
Nopriyus, J., & Gusmulyani. (2022). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) Bina Marga 2017 (Studi Kasus pada Ruas Jalan Pendidikan Simpang Tiga Kebun Nenas). Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek), 5(2), 181–186.
Rosalina, M. (2019). Pemodelan Biaya Desain antara Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Berdasarkan Metode Bina Marga 2017. Rekayasa Teknik Sipil, 7(4), 1–8.
Sriharyani, L., & Vetiana, V. (2023). Perencanaan Struktur Perkerasan Ruas Jalan Way Abung Kabupaten Lampung Tengah. TAPAK, 13(1), 18–30. http://u.lipi.go.i
Widya Ningtyas, P., Sutanto, H., & Sharly Arifin P, T. (2022). Analisis Perbandingan Tebal Lapis Perkerasan Lentur Terhadap Efisiensi Biaya (Studi Kasus: Jalan Pampang Muara pada Sta 4+000 s/d Sta 6+215). JURNAL TEKNOLOGI SIPIL Jurnal Ilmu Pengetahuan dan teknologi sipil, 6(2), 77–86.