Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Pemilikan Kendaraan Bermotor Sebagai Dampak Kemacetan di Kota Makassar

Authors

  • Fithrah Fadhiba Shalihah Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ilham Syafei Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/y6h7jh18

Keywords:

Uang muka, promosi, dukungan, regulasi

Abstract

Kemacetan hampir terjadi pada kota-kota besar di Indonesia, Kota Makassar adalah salah satunya. Banyak masyarakat beranggapan bahwa kemacetan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kredit kendaraan yang terlalu mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh nilai uang muka, daya tarik promosi, ekonomi masyarakat, sosial masyarakat, budaya masyarakat, dukungan dan regulasi kredit kepemilikan kendaraan terhadap kemacetan di Kota Makassar. Metode penelitian analisis deskriptif kualitatif melibatkan 7 variabel antara lain nilai uang muka, promosi penjualan, sosial masyarakat, ekonomi masyarakat, budaya masyarakat dukungan dan regulasi. Penelitian ini berlokasi di wilayah kota Makassar. Hasil yang dicapai dari penelitian secara kualitatif ini, ya community culture itu nilai variabel Uang Muka dengan koefisien sebesar 0,137 atau 13,7%, Promosi Penjualan dengan koefisien sebesar 0,159 atau 15,9%, Sosial Masyarakat dengan koefisien sebesar 0,144 atau 14,4%, Ekonomi Masyarakat dengan koefisien sebesar 0,151 atau 15,1%, Budaya masyarakat dengan koefisien sebesar 0,119 atau 11,9%, Faktor Dukungan sebesar 0,145 atau 14,5% dan Regulasi dengan koefisien sebesar 0,132 atau 13,2%.

References

De Rozari, A., dan Wibowo, Y. H. (2015). Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Utama Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Gunardo. (2014). Geografi Transportasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Tamara, S., dan Sasana, H. (2017). Analisis Dampak Ekonomi Dan Sosial Akibat Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Raya Bogor-Jakarta. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 2(2), 185–196. https://doi.org/10.31002/rep.v2i3.529

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung : Penerbit ITB.

Wijanarko, I., & Ridlo, M. A. (2019). Faktor-Faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan Studi Kasus : Kawasan Sukun Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Planologi, 14(1), 63. https://doi.org/10.30659/jpsa.v14i1.3859

Mustikarani, W., dan Suherdiyanto. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Sepanjang Jalan H Rais a Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(1), 143–155.

Downloads

Published

2021-06-30

Most read articles by the same author(s)