Analisa Perbandingan Biaya Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur pada Proyek Jalan Middle Ring Road Kota Makassar

Authors

  • Abd Kadir Salim Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muhammad Akhyar Darmawan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Harun Wibowo Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/3et4xd28

Keywords:

Perbandingan biaya, perkerasan kaku, perkerasan lentur

Abstract

Perkerasan jalan adalah bagian dari jalur lalu lintas, yang bila kita perhatikan secara struktural pada penampang melintang jalan, merupakan penampang struktur dalam kedudukan yang paling sentral dalam suatu badan jalan. Pada umumnya dikenal dua jenis perkerasan jalan raya yang sering digunakan, pertama perkerasan kaku (rigid pavement) yaitu perkerasan yang menggunakan semen sebagai bahan pengikatnya, dan yang kedua perkerasan lentur (flexible pavement) yaitu Perkerasan yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui biaya perkeras kaku dan perkerasan lentur sehingga dapat diketahui perbandingan biaya antara perkerasan kaku dengan perkerasan lentur. Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah, jumlah anggaran biaya yang diperlukan pada Proyek jalan Middle Ring Road makassar menggunakan perkerasan Kaku adalah Rp. 20.350.788.104,00 dan perkerasan lentur adalah Rp. 23.508.776.775,00. Dari segi biaya, pembangunan pada perkerasan proyek jalan Middle Ring Road dengan menggunakan perkerasan kaku sudah efisien, karena jika dibangun dengan perkerasan lentur dapat menambah biaya sebesar Rp 3.157.988.671 atau lebih besar 13,43% dari total biaya pada perkerasan kaku.

References

Analisa Harga Satuan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Clarkson H.Oglesby,1999, perngertian jalan

http://eprints.ums.ac.id/44580/4/HALAMAN%20DEPAN.pdf

https://www.slideshare.net/DeboraElluisaa/tugas-perkerasan-jalan-ppt-barstudi-perbandingan-biaya-konstruksiperkerasan-kaku-dan-perkerasan-lentur

Pedoman Konstruksi Bangunan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah

Pedoman Konstruksi Bangunan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Lentur, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah

Silvia sukirman, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur

Spesifikasi Umum 2010 Perkerasan Kaku dan Lentur, Departemen Pekerjaan Umum

Undang-Undang Nomor 38 tahun 2004 tentang jalan bahwa jalan sebagai bagian dari sistem transportasi nasional Ditjen Bina Marga., 1995, Panduan

Wignall dkk (1999), Pengertian jalan sebagai sistem transportrasi

Downloads

Published

2020-02-29

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.