Analisis Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Transportasi di Jalan Sultan Hasanuddin Kabupaten Pangkaje’ne

  • Ainil Maqsurah Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
  • Dhifani Mifthatiara Ismail Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kebisingan, CoRTN, Jalan Provinsi

Abstract

Lalu lintas ialah salah satu penyebab kebisingan yang bisa dikatakan mengganggu sebagian besar masyarakat disekitarnya. Jalan Sultan Hasanuddin yang berada di Kabupaten Pangkaje’ne merupakan jalan poros atau biasa disebut Jalan Provinsi. Jalan tersebut diambil sebagai objek penelitian karena memiliki volume lalu lintas yang cukup padat karena terdapat aktivitas perkantoran dan saran umum, serta kendaraan berat yang melintas membawa muatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kebisingan yang terjadi dan ingin mengetahui perbandingan yang sudah ditetapkan dalam Bina Marga. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengukuran kebisingan di beberapa titik dengan menggunakan perhitungan Calculation of Road traffic Noise (CoRTN). Data-data yang digunakan yaitu volume lalu lintas, persentase kendaraan berat, kecepatan kendaraan, koreksi gradien jalan, koreksi jarak horizontal. Pengambilan data dilakukan selama 3 hari. Nilai tingkat kebisingan yang paling tinggi diperoleh pada hari Senin dengan Metode CoRTN sebesar 73,59 dB(A). Menurut Keputusan Mentri Negara Lingkungan Hidup No. 48 tahun 1996 tentang baku mutu kebisingan menunjukkan hasil penelitian yang diperoleh dari beberapa titik di ruas Jalan Sultan Hasanuddin ini menunjukkan bahwa telah melewati nilai ambang batas standar kebisingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfani, A. F. (2020). Tingkat Kemacetan dan Realita Transportasi di Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Sumbersari, Jember. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 1(1), 13–22.

Azzahra, A., & Imran, M. (2018). ANALISA TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS JALAN RAYA (STUDI KASUS JALAN JAKSA AGUNG SOEPRAPTO DEPAN SMP NEGERI 6 GORONTALO). RADIAL – JuRnal PerADaban SaIns, RekayAsa Dan TeknoLogi Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo, 6(1), 14–21.

Balirante, M., Lefrandt, L. I. R., & Kumaat, M. (2020). ANALISA TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA DITINJAU DARI TINGKAT BAKU MUTU KEBISINGAN YANG DIIZINKAN. Jurnal Sipil Statik, 8(2), 249–256.

Dedi, Desriantomy, & Murniati. (2023). ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT AKTIVITAS TRANSPORTASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Teknika (Jurnal Teoriti Dan Terapan Bidang Keteknikan), 7(1), 54–61.
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2004). Prediksi Kebisingan Akibat Lalu Lintas.

Dwi Ira Suryani, N. (2018). Correlation Between Noise and Age to Housewive’s Blood Pressure in Ambengan Surabaya Residence. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(1), 70–81.

Satoto, H. F. (2018). ANALISIS KEBISINGAN AKIBAT AKTIFITAS TRANSPORTASI PADA KAWASAN PEMUKIMAN JALAN SUTOREJO-MULYOREJO SURABAYA. Jurnal Teknik Industri HEURISTIC, 15(1), 49–62.

Sumaryoto. (2010). DAMPAK KEBERADAAN JALAN TOL TERHADAP KONDISI FISIK, SOSIAL, DAN EKONOMI LINGKUNGANNYA. Journal of Rural and Development, I(2), 161–168.
Published
2023-10-31
How to Cite
[1]
MaqsurahA., IsmailD.M. and Zaifuddin 2023. Analisis Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Transportasi di Jalan Sultan Hasanuddin Kabupaten Pangkaje’ne. Jurnal Teknik Sipil MACCA. 8, 3 (Oct. 2023), 244-250.

Most read articles by the same author(s)