Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Rest Area Mattirotasi Waterpark Kota Parepare

Authors

  • St Maryam H Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ery Sam Sam Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Noer Azhary Ramadhan Rusli Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/kgb6x642

Keywords:

Dampak lalu lintas, Metode Furness, Rest Area Mattirotasi, Waterpark

Abstract

Pembangunan Rest Area Mattirotasi Waterpark Kota Parepare diperkirakan akan menimbulkan dampak lalu lintas yang berpengaruh terhadap volume dan sistem pergerakan lalu lintas di sekitaranya, pada Jl. Mattirotasi yang merupakan akses keluar masuk. Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi kinerja ruas jalan dan simpang terdampak pada masa sekarang dan masa 5 tahun mendatang, melakukan penanganan permasalahan dan konflik lalu lintas dengan melakukan simulasi model tanpa penanganan (do nothing), dan dengan penanganan (do something), serta pemodelan matriks asal tujuan dengan metode furness. Penelitian ini berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) dan metode furness. Tingkat pelayanan pada ruas Jalan Mattirotasi dalam kondisi baik hingga sangat baik dengan nilai LoS A sampai B dan nilai DS 0,04 – 0,30 dengan kecepatan tempuh 36,60 – 56,00 km/jam, baik pada kondisi eksisting 2023 maupun pada proyeksi 5 tahun kedepan tahun 2028. Untuk Tingkat pelayanan pada ruas Jalan Bau Massepe dalam kondisi baik hingga sangat baik dengan nilai LoS A sampai B dan nilai DS 0,19 – 0,29 dengan kecepatan tempuh 36,60 – 41,00 km/jam, dimana arus umumnya rendah dengan kecepatan lalu lintas kendaraan bebas kurang gangguan dari kendaraan lain, pada proyeksi 5 tahun kedepan tahun 2028 nilai LoS menjadi B dan nilai DS 0,25 – 0,37.

References

Abdul M H., Said, L. B., Ilham Syafey. (2023). Analisis Kinerja dan Alternatif Pengendalian Kemacetan pada Ruas Jalan Poros Pallangga Kabupaten Gowa. Pascasarjana Teknik Sipil UMI.

Asma Massara, Putri Ayu, Indah Ayu. (2020). Model Bangkitan Pergerakan Kendaraan (Studi Kasus Kawasan Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar). Teknik Sipil UMI.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum.

Ramadhan, L. O. M., Dinra, L. O. M. W. F., Said, L. B., Syarkawi, M. T., & Gecong, A. (2022). Proyeksi kinerja ruas Jalan A.P Pettarani Makassar pasca penerapan jalan tol layang. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 7(2), 89–98.

Larasati, D. A., & Nahdalina, N. (2022). Analisis dampak lalu lintas di Kota Baru Keandra dipengaruhi oleh kegiatan komersial. Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi, 21(1), 65–79. https://doi.org/10.35760/dk.2022.v21i1.5774

Maryam, H. S., Said, L. B., & Tjahayadi. (2020). Analisis dampak lalu lintas ditinjau dari tarikan perjalanan pada kawasan RSUD Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil (JILMATEKS), 4(1), 1–10.

Said, L. B., Maryam, Sriwati (2019), Pengaruh Pertumbuhan Kendaraan dan Kapasitas Jalan Terhadap Kemacetan di Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan. UMI, Makassar.

Maryam H, S., Said, L. B. (2019). Analisis Kinerja Jaringan Jalan Nasional (Kasus Ruas Maros-Pangkep). Universita Muslim Indonesia.

Maryam H, S., Lambang B S (2020). Analisis Dampak Lalu Lintas Ditinjau Dari Tarikan Perjalanan Pada Kawasan RSUD Kabupaten Pangkep.

Pemerintah Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Peraturan Menteri Pehubungan Republik Indonesia Nomor PM 17 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. Penerbit ITB. Bandung

Downloads

Published

2024-06-30

Similar Articles

11-20 of 116

You may also start an advanced similarity search for this article.