Pengaruh Variasi Slag Nikel Sebagai Bahan Tambah Agregat Halus pada Campuran Lapisan Aspal Beton

Authors

  • Syahruddin Program Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Maryam Hafram Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Andi Alifuddin Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/z184gp97

Keywords:

Slag nikel, AC-WC, Marshall, Indirect Tensile Strength

Abstract

Saat ini berbagai penelitian telah dilakukan khususnya dalam bidang teknologi material (bahan) untuk komponen campuran perkerasan jalan dengan pemanfaatan limbah. Pemanfaatan Limbah menjadi sangat penting untuk mencegah pengaruh buruk dari buangan limbah tersebut sehingga memiliki nilai manfaat. Disisi lain, pemanfaatan limbah mengurangi pemakaian material Alam yang semakin lama semakin menipis. Salah satu limbah buangan hasil Pengolahan Industri Pertambangan Nikel PT. Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara, yaitu Slag Nikel. Diharapkan limbah Slag Nikel mampu meningkatkan kinerja perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi Slag Nikel pada campuran AC-WC terhadap sifat-sifat Marshall dan sifat mekanis campuran AC-WC dengan Slag Nikel pada pengujian Indirect Tensile Strength (ITS). Prosedur penelitian menggunakan metode Eksperimen. Pengujian dengan menggunakan alat uji Marshall dan Indirect Tensile Strength (ITS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kadar Slag Nikel yang memenuhi sifat-sifat Marshall adalah pada kadar Slag Nikel sebesar 10% dan hasil analisis Indirect Tensile Strength, didapatkan Kuat tarik tidak langsung maksimum ditunjukkan pada kadar Slag Nikel 10% sebesar 79.147,74 Kpa.

References

Angka, A. B., & Kushari, K. (2017). Slag nikel sebagai bahan subtitusi pada karakteristik campuran AC-Base. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M), 2017, 89–94.

Arruantasik Demmalino, U., Sielviana Widya Lambe, C., Rahman, R., & Alpius. (2020). Pengujian Slag Nikel Sebagai Pengganti Agregat Pada Campuran HRS-Base. Paulus Civil Engineering Journal, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.52722/pcej.v1i2.61

Alkam, R. B., Said, L. B., & Muin, S. A. (2019). Durability Performance of Asphalt Concrete Wearing Course Using Marble Waste as Filler. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 13, 1571-1588.

Departemen Pekerjaan Umum. (2018). Spesifikasi Umum Bidang Jalan dan Jembatan (Seksi 6.3). Badan Penelitian dan Pengembangan PU. Jakarta.

Ibrahim, F., Halik, J., & Alifuddin, A. (2017). Analisis Komparatif Desain Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO’93 dengan MDP 2013.

Downloads

Published

2021-06-30

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.