Studi Komparasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Data Road Asset Management System, Surface Distress Index dan Pavement Condition Index

  • Andi Amri Program Pascasarjana Magister Teknik Sipil, Universitas Muslim Indonesia
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Alifuddin Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Penilaian kondisi Jalan, metode IRI, metode SDI, metode PCI

Abstract

International Roughness Index (IRI) adalah metode yang diaplikasikan oleh Bina Marga yang dilaksanakan secara rutin untuk pemeriksaan nilai fungsioal jalan. Selain itu dapat digunakan metode Surface Distress Index (SDI) dan metode Pavement Condition Index (PCI). Pada Penelitian ini data primer dilakukan survey lapangan kerusakan jalan dan data sekunder adalah data IRI. Rentang penilaian metode SDI 0 sampai lebih besar dari 150, sedangkan metode PCI menilai dari 0 sampai 100. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai kondisi jalan berdasarkan ketiga metode di atas. Untuk melakukan Inspeksi ini membutuhkan biaya yang cukup besar, maka perlu ada model untuk mendapatkan nilai perbandingan antara ketiga parameter tersebut. Lokasi penelitian adalah ruas jalan SKPD Kota Kupang. Hasil perbandingan dengan metode IRI, SDI dan PCI dengan persamaan ekponensial diperoleh nilai perbandingan dimana IRI berbanding SDI nilai determinan sebesar R2 = 70,98 % sedang IRI berbanding PCI nilai determinan sebesar R2 = 98,90 %. Secara umum kondisi ruas jalan objek penelitian dalam kategori baik dan untuk menjaga kinerja pelayanan prima diperlukan pemeliharaan dan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank, T. H. E. W., Mcpherson, K., & Bennett, C. R. (2006). ROADS AND RURAL TRANSPORT THEMATIC GROUP, 1–13.
Direktorat Jendral Bina Marga, 2011b, PUPR. (2011). Pedoman Konstruksi dan Bangunan. No. 00104/P/BM/2011, Survei Kondisi Jalan.
Direktorat Jendral Bina Marga PUPR. (2017). Surat Edaran 07/SE/Db/2017 Teknologi, Pemilihan Preventif, Pemeliharaan Jalan, Perkerasan.
Direktorat Jendral Bina Marga PUPR. (2020). Spesifikasi umum 2018 (revisi 2). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Pustran Balitbang, PUPR. (1994). SNI 03-3426-1994 : Tata cara survai kerataan permukaan perkerasan jalan dengan alat ukur kerataan naasra, 1–8.
Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots. New York: Chapman & Hill.
Zimmerman, K. A., & Peshkin, D. G. (n.d.). Integrating Preventive Maintenance and Pavement Management Practices, (August 2003).
Published
2021-02-28
How to Cite
[1]
AmriA., SaidL.B. and AlifuddinA. 2021. Studi Komparasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Data Road Asset Management System, Surface Distress Index dan Pavement Condition Index . Jurnal Teknik Sipil MACCA. 6, 1 (Feb. 2021), 75-83. DOI:https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i1.281.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>