Studi Komparasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Data Road Asset Management System, Surface Distress Index dan Pavement Condition Index
Abstract
International Roughness Index (IRI) adalah metode yang diaplikasikan oleh Bina Marga yang dilaksanakan secara rutin untuk pemeriksaan nilai fungsioal jalan. Selain itu dapat digunakan metode Surface Distress Index (SDI) dan metode Pavement Condition Index (PCI). Pada Penelitian ini data primer dilakukan survey lapangan kerusakan jalan dan data sekunder adalah data IRI. Rentang penilaian metode SDI 0 sampai lebih besar dari 150, sedangkan metode PCI menilai dari 0 sampai 100. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai kondisi jalan berdasarkan ketiga metode di atas. Untuk melakukan Inspeksi ini membutuhkan biaya yang cukup besar, maka perlu ada model untuk mendapatkan nilai perbandingan antara ketiga parameter tersebut. Lokasi penelitian adalah ruas jalan SKPD Kota Kupang. Hasil perbandingan dengan metode IRI, SDI dan PCI dengan persamaan ekponensial diperoleh nilai perbandingan dimana IRI berbanding SDI nilai determinan sebesar R2 = 70,98 % sedang IRI berbanding PCI nilai determinan sebesar R2 = 98,90 %. Secara umum kondisi ruas jalan objek penelitian dalam kategori baik dan untuk menjaga kinerja pelayanan prima diperlukan pemeliharaan dan perbaikan.
Downloads
References
Direktorat Jendral Bina Marga, 2011b, PUPR. (2011). Pedoman Konstruksi dan Bangunan. No. 00104/P/BM/2011, Survei Kondisi Jalan.
Direktorat Jendral Bina Marga PUPR. (2017). Surat Edaran 07/SE/Db/2017 Teknologi, Pemilihan Preventif, Pemeliharaan Jalan, Perkerasan.
Direktorat Jendral Bina Marga PUPR. (2020). Spesifikasi umum 2018 (revisi 2). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Pustran Balitbang, PUPR. (1994). SNI 03-3426-1994 : Tata cara survai kerataan permukaan perkerasan jalan dengan alat ukur kerataan naasra, 1–8.
Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots. New York: Chapman & Hill.
Zimmerman, K. A., & Peshkin, D. G. (n.d.). Integrating Preventive Maintenance and Pavement Management Practices, (August 2003).
Authors who publish with Jurnal Teknik Sipil MACCA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.