Studi Karakteristik Mekanik Kawat Bronjong Untuk Menahan Sedimen

  • Nur Ikhsani AY Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang
Keywords: kawat bronjong, karakteristik mekanik, regangan, tegangan, gaya

Abstract

Kawat bronjong dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, salah satunya yaitu dapat digunakan untuk membuat check dam yang berfungsi untuk menahan atau menangkap sedimen berupa batuan tetapi tetap mengalirkan airnya. Untuk mengetahui kekuatan dari kawat bronjong, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik dari kawat bronjong untuk menahan energi kinetik batuan yang akan ditahan oleh check dam. Dalam pengujian untuk mengetahui karateristik mekanik kawat bronjong ini, digunakan kawat bronjong jenis galvanis diameter 3.4 mm dan pola anyaman belah ketupat. Diagonal lubang anyaman kawat bronjong yang digunakan adalah 200 mm x 200 mm. Kawat bronjong diuji dengan memberikan beban berulang yang dijatuhkan dari ketinggian 2 m untuk mengetahui lendutan, regangan, tegangan serta gaya maksimum yang terjadi pada kawat bronjong tersebut, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengauh beban berulang dan karakteristik tegangan dan regangan kawat bronjong check dam akibat beban dari sedimen, serta untuk mengetahui nilai kekuatan optimum dari pola anyaman bentuk kawat bronjong belah ketupat untuk digunakan sebagai struktur check dam penahan sedimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawat struktur bronjong mampu menahan gaya yang cukup besar sebelum kawat tersebut rusak atau putus. Tegangan maksimum yang terjadi adalah 520.66 Mpa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standarisasi Nasional (BSN), 1991. SNI 03-2401-1991 Pedoman Perencanaan Hidrologi dan Hidraulik untuk Bangunan di Sungai. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
Sidharta, SK., 1997. Irigasi dan Bangunan Air. Jakarta: Gunadarma.
Mawardi, E., Memed, M., 2002. Desain Bendung Tetap Untuk Irigasi. Bandung: Alfabeta.
Murri, M.M., Surjandari, N.S., & As’ad, S., 2014. Analisis Stabilitas Lereng Dengan Pemasangan Bronjong (Studi Kasus Di Sungai Gajah Putih, Surakarta). Jurnal, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Yogyakarta.
Olga, P., Kanjalia, T., Asriwiyanti, D., Hanny, J.D., & Angga, R.P., 2013. Analisis Stabilitas Struktur Pelindung Pantai Batu Bronjong. Jurnal, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.
Rosihun, M., & Endaryanta., 2011. Analisis Stabilitas Talud Bronjong UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Ramli, M., et al, 2013. The stability of gabion walls for earth retaining structures. Alexandria Engineering Journal, Faculty of Engineering Alexandria University.
Beena, K.S., & Jayasree, P.K., 2009. Gabion Retaining Walls with Alternatife Fill Materials. Indian Geotechnical Society, Guntur, India.
Sunggono., 1995. Buku Teknik Sipil. Penerbit NOVA, Bandung.
Pawirodikromo, W., 2014. Analisis Tegangan Bahan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Published
2020-10-31
How to Cite
[1]
AY , N.I. 2020. Studi Karakteristik Mekanik Kawat Bronjong Untuk Menahan Sedimen. Jurnal Teknik Sipil MACCA. 5, 3 (Oct. 2020), 201-209.