Studi Tingkat Kerusakan Jalan pada Poros Pattallassang, Kabupaten Gowa

Authors

  • Tiara Dwitami Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Audia Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/s1t18898

Keywords:

Tingkat kerusakan jalan, perkerasan jalan, penanggulangan kerusakan

Abstract

Ruas Jalan Poros Pattallassang merupakan ruas jalan di kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Panjang jalan yang di teliti ± 2,5 km, lebar perkerasan 6 m, dengan curah hujan di daerah tersebut cukup tinggi. Kerusakan yang terjadi di jalan ini mulai dari kerusakan retak, kerusakan pada permukaan perkerasan, dan kerusakan lubang. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan studi tingkat kerusakan serta memberikan solusi penanganann yang terjadi pada ruas Jalan Poros Pattallassang, Kabupaten Gowa. Metode analisis yang digunakan adalah Surface Distress Index (SDI) untuk menentukan tingkat kerusakan pada permukaan perkerasan. Dimana hasil analisa tingkat kerusakannya menunjukkan bahwa nilai metode Surface Distress Index (SDI) memiliki nilai rata – rata sebesar 75 pada kondisi sedang, dimana termasuk pada rentang nilai 50 – 100, 115 pada kondisi rusak ringan dengan rentang nilai 100 – 150 dan 155 pada kondisi rusak berat dengan rentang > 150. Solusi penanganan kerusakan jalan yaitu untuk kerusakan dalan kondisi sedang, jenis penanganan jalannya dengan melakukan pemeliharaan rutin atau berkala, untuk kondisi rusak ringan, jenis penanganan jalannya dengan melakukan rehabilitas jalan sedangkan untuk kondisi rusak berat, jenis penanggulangannya lebih ekstensif untuk memperbaiki dan membangun kembali infrastruktur jalan.

References

Amri, A., Said, L. B., & Alifuddin, A. (2021). Studi Komparasi Tingkat Kerusakan Jalan Berdasarkan Data Road Asset Management System, Surface Distress Index dan Pavement Condition Index. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(1), 75–83.

Aptarila, G., Lubis, F., & Saleh, A. (2020). Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan - Batas Provinsi Sumatera Barat. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 195–203. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4647

Bea, L., Basri, L., Alifuddin, A., & Bea Lian, L. (2023). A Study Of Characteristics And Deformation Of Ac-Wc Mixtures Utilizing Marble Wastensubtitution As Coarse Aggregate Fraction. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 606–617.

Dunggio, A. H. (2017). Tinjauan Kerusakan Lapis Permukaan Jalan Berdasarkan Analisis Kadar Aspal. Jurnal Peradaban Sains, 5(2), 111–130.

PURBA, S. J. A. (2023). ANALISA PEMELIHARAAN JALAN BERKALA KOTA JAMBI DENGAN METODE SDI (SURFACE DISTRESS INDEX.

Yunus, A., Said, L. basri, & Syarkawi, M. T. (2022). Analisis Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan dengan Metode International Roughness Index (IRI) dan Pavement Condition Index (PCI) Menggunakan Alat Mata Garuda (Studi Kasus Jalan Nasional Gatot Subroto Watampone) Aulia. Jurnal Konstruksi: TeKNik, InfraSTRUKtur, Dan SaIns Program Pascasarjana UMI, 01(04), 1–13.

Downloads

Published

2024-02-29

Similar Articles

1-10 of 83

You may also start an advanced similarity search for this article.