Studi Deformasi Campuran Aspal Lapis Aus (AC-WC) Akibat Beban Statis Uji Indirect Tensile Strength dan Beban Berulang Uji Wheel Tracking Machine

Authors

  • Andi Alifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muh Husni Maricar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Jihan Nurfadhilah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Andi Rizki Mulyana Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/q1hm4519

Keywords:

Variasi suhu pengujian, kuat tarik tidak langsung, deformasi permanen

Abstract

Suatu perkerasan jalan dinilai gagal berdasarkan 2 kriteria yaitu regangan tarik dan deformasi plastis atau deformasi permanen. Deformasi perkerasan jalan dapat diestimasi berdasarkan pengujian laboratorium baik dengan pembebanan statis maupun pembebanan berulang. Deformasi yang didapatkan kemudian di korelasikan agar diketahui parameter mekanistik campuran aspal AC-WC. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Bahan Perkerasan Jalan untuk mengetahui deformasi yang terjadi berdasarkan uji ITS dan WTM dengn variasi suhu pengujian 25°C dan 60°C. Pengujian dilakukan dengan menggunakan KAR (5,8%) dengan temperatur pengujian 25˚C dan 60˚C. Nilai koefisien korelasi pada suhu pengujian 25°C dan 60°C menunjukkan hubungan yang kuat (koefisien korelasi 0,8). Deformasi yang terjadi akibat beban statis akan meningkat secara linear berbarengan dengan peningkatan ITS sampai dengan batas elastisnya, begitu juga dengan deformasi yang terjadi akibat beban berulang, dimana deformasi semakin bertambah dengan meningkatnya siklus pembebanan pada pengujian WTM. Adapun korelasi yang terjadi cukup kuat, dimana pada suhu pengujian 25°C berkorelasi negatif sedangkan pada suhu pengujian 60°C berkorelasi positif.

References

Alamsyah, Said, L. B., & Alifuddin, A. (2020). Konsep Design Mix Formula (DMF) Lapis Tipis Beton Aspal (LTBA) Mengacu Spesifikasi Umum 2018 Bina Marga Terhadap Sifat – Sifat (ITS) dan Deformasi. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 5(2), 158–169. https://doi.org/10.33096/jtsm.v5i2.87

Alifuddin, A., Kasim, M. R., & Said, L. B. (2023). Perilaku Rutting dan Modulus Kekakuan dengan Penguatan Serat Ijuk pada Campuran Beton Aspal. Media Komunikasi Teknik Sipil, 29(2), 223–232. https://doi.org/10.14710/mkts.v29i2.53190

Alirusi, R., Maryam H, S., & Massara, A. (2023). Studi Experimental Campuran Stone Matrix Asphalt (SMA) Dengan Penambahan Zat Aditif Polyrethane Terhadap Ketahanan Deformasi Dan Modulus Elastis. Innovative, 3(Journal Of Social Science Research), 5001–5053. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2688

Almayana Alwi, Lambang Basri Said, & Andi Alifuddin. (2022). Analisis Uji Ketahanan Deformasi pada Campuran Aspal Beton dengan Bahan Tambah Anti Stripping Astive-05 terhadap Variasi Temperatur. Jurnal Flyover (JFO), 02(02), 111–122. https://doi.org/https://doi.org/10.52103/jfo.v2i2.1348

Bea, L., Basri, L., Alifuddin, A., & Bea Lian, L. (2023). A Study Of Characteristics And Deformation Of Ac-Wc Mixtures Utilizing Marble Wastensubtitution As Coarse Aggregate Fraction. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 606–617. https://doi.org/https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.221

Bintang Ramadhan, G., & Budi Suparma, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Pasir Kuarsa pada Laston AC-WC sebagai Pengganti Agregat Halus. Jurnal Himpungan Pengembangan Jalan Indonesia, 4(2), 91–104. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jh.v4i2.3021.%25p

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2018). Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 (Revisi 2) Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan Dan Jembatan. In Edaran Dirjen Bina Marga Nomor 02/SE/Db/2018 (Issue Revisi 2). https://binamarga.pu.go.id/uploads/files/425/preview_425-1-5.pdf

Divandari, H. (2019). Predict of Asphalt Rutting Potential Based on IDT and Validation with ANN. Journal of Applied Engineering Sciences, 9(2), 131–138. https://doi.org/10.2478/jaes-2019-0018

Falderika. (2017). Evaluasi Modulus Resilien dan Deformasi Permanan Campuran Aspal Porus Pen 60/70 dengan Bahan Tambah Buton Natural Asphalt (BNA). 7(Dibya), 21–26. https://repository.unikom.ac.id/54576/

Ibrahim, Z., Said, L. B., & Alifuddin, A. (2021). Analisis Poisson Ratio dan Ketahanan Deformasi Campuran AC-WC Subtitusi Pasir Silika. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(1), 36–47. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i1.277

Marizka, E., Fauziah, M., & Subarkah. (2022). Pengaruh Penambahan Rediset LQ-1106 Terhadap Kinerja Struktur Campuran Aspal Porus. Teknisia, 27(1), 12–23. https://doi.org/10.20885/teknisia.vol27.iss1.art2

Massara, A., Afif, A., & S, I. F. A. (2024). Pengaruh Temperatur Pemadatan Terhadap Karakteristik Mekanis Aspal AC-BC dengan Menguntukkan Serbuk Arang Tempurung Kelapa sebagai Subtitusi Filler. 9(2), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/jtsm.v9i2.803

Muchtar, S. M., Said, L. B., & Alifuddin, A. (2023). Kajian Sifat Penuaan Campuran Aspal AC-WC dengan Penggunaan Getah Pinus sebagai Bahan Tambah terhadap Modulus Elastisitas dan Angka Poisson. 3(https://j-innovative.org/index.php/Innovative/issue/view/8), 5032–5049. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2690

Saputra Hermansa, A., Asrianto, A. S., Arifin, W., Fauziah Badaron, S., & Salim. (2019). Analisis Penggunaan Derbo Sebagai Bahan Aditif Untuk Meningkatkan Kualitas Aspal Panas. 1(April), 169–179. https://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/JILMATEKS/article/download/446/307

Wibowo, A., Widhiastuti, Y., & Andi Tjandra, A. (2022). Pemanfaatan Serbuk Bata Merah Untuk Campuran Aspal Beton Ac-Wc Terhadap Karakteristik Marshall. Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 15–33. https://doi.org/10.56071/deteksi.v7i1.398

Downloads

Published

2024-10-30

Similar Articles

11-20 of 89

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>