Analisis Antrian dan Tundaan dengan Menggunakan PTV Vissim pada Persimpangan Sebidang (Studi Kasus Jl. Poros Makassar – Maros – Jl. Printis Kemerdekaan – Jl. Batara Bira – Jl. Dg. Ramang)

Authors

  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Maryam Hafram Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Rizal Jaya Ahra Saputra Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Thamzir Ramadani Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/3hwt7803

Keywords:

Kinerja simpang bersinyal, Vissim, antrian, tundaan, MKJI 1997

Abstract

Simpang bersinyal di Jl. Poros Makassar – Maros  – jl. Poros Maros – Makassar – Jl. Batara Bira – Jl. Dg. Ramang mempunyai konflik arus lalu lintas yang dapat mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas seperti kendaraan yang melakukan memisah, memotong, dan menggabung, yang mengakibatkan kemacetan, panjang antrian, dan tundaan kendaraan. Tujuan penelitian ini mengetahui karakteristik pergerakan panjang antrian, dan tundaan lalu lintas pada simpang bersinyal tersebut dan Menganalisis panjang antrian dan tundaan pada simpang bersinyal tersebut menggunakan MKJI 1997 dengan alat bantu aplikasi software Vissim. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan kondisi lalu lintas pada simpang bersinyal tersebut, pada hari kamis dengan jam puncak 17.00 – 18.00 arah utara 708,4 smp/jam, jam puncak 17.20 – 18.20 yaitu 1970 smp/jam, Adapun tingkat pelayanan yang didapatkan menggunakan aplikasi PTV. Vissim yaitu F dengan nilai tundaan 105,42 detik/smp. Sementara untuk hasil tingkat pelayanan yang didapatkan melalui perhitungan berdasarkan MKJI 1997 yaitu E dengan nilai tundaan 57,72 detik/smp. Mengidentivikasi pada kondisi tersebut memiliki jumlah kendaraan yang padat atau macet.

Author Biography

  • Zaifuddin, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia

     

     

References

Anwar Ginanjar, & Ida Farida. (2019). Pemodelan Simpang Bersinyal Terhadap Kinerja Simpang Jalan Terusan Pembangunan dan Jalan Proklamasi di Kabupaten Garut. Jurnal Konstruksi, 17(1), 1–8.

Aryandi, R. D., & Munawar, A. (2014). Penggunaan Software Vissim untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta). The 17th FSTPT International Symposium, August, 338–347.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum.

Martadinata, S. H. R. E. (2018). Evaluasi Kinerja Simpang Dan Ruas Jalan. 2(1), 61–70.

Nugroho, U., & Dwiatmaja, G. C. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal menggunakan Bantuan Perangkat Lunak Vissim Student Version. (Studi Kasus : Simpang Sompok , Candisari , Semarang). Jurnal Teknik Sipil, 16(1), 1–21.

Said, L. B., & Syafei, I. (2022). Kajian Karakteristik Pergerakan Arus Lalu Lintas dan Kinerja Simpang Bersinyal: Studi Kasus Jl. Basuki Rahmat-Jl. Sungai Maruni, Kota Sorong, Papua Barat. Jurnal Konstruksi: Teknik, Infrastruktur Dan …, 01(05), 20–28.

Downloads

Published

2024-02-29

Similar Articles

1-10 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.