Kinerja Campuran Beton Aspal AC-WC dengan Penambahan Limbah Botol Plastik

  • A. Cempana Sari Iskandar Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Keywords: limbah botol plastik, kinerja campuran beraspal, AC-WC

Abstract

Salah satu syarat dari lapis perkerasan jalan adalah mampu memikul beban yang bekerja tanpa terjadi deformasi yang berarti. Namun sebaliknya, terjadi pengurangan umur layanan konstruksi perkerasan jalan di beberapa jalan yang ada di Indonesia, seperti ruas Jalan Hasanudin – Yos Sudarso mengalami pengurangan masa layan sebesar 3,162 tahun atau 31,620% dari umur rencana jalan 10 tahun menjadi 6,838 tahun dan Jalan Diponegoro, Cilacap, Jawa Tengah terjadi penurunan umur layanan jalan sebesar 4,453 tahun atau 22,26% dari umur rencananya. Untuk mengatasi masalah tersebut, limbah botol plastik ditambahkan ke dalam agregat campuran aspal panas sehingga dapat menambah kinerja campuran. Teknik pencampuran ini dikenal dengan cara kering. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kinerja campuran beraspal jenis AC-WC dengan memanfaatkan limbah botol plastik sebagai bahan tambah. Pengambilan data dilakukan dengan pengujian laboratorium berdasarkan Spesifikasi Umum Pekerjaan Jalan oleh Bina Marga dan metode pengujian menggunakan Metode Marshall. Di dalam penelitian ini, variasi kadar limbah plastik yang dimasukkan dalam campuran, yaitu sebesar 0 - 2,5% dari berat agregat dan variasi kadar aspal, yaitu sebesar 5,5–7,5% dari berat agregat. Dari variabel tersebut maka dibuat 90 sampel uji. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan limbah botol plastik meningkatkan kinerja campuran beraspal jenis AC-WC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyadi, F. (2018). Pengaruh Beban Berlebih Kendaraan Berat terhadap Umur Rencana Perkerasan Kaku pada Jalan Diponegoro, Cilacap. Universitas Islam Indonesia.
Atkins, H. (2003). Highway Materials, Soils, and Concretes (4th ed.). The Clarida Company, Inc.
Kementerian PUPR. (2018). Kementerian PUPR Terapkan Teknologi Aspal Plastik dan Aspal Karet dalam Pemeliharaan Jalan Nasional. https://pu.go.id/berita/kementerian-pupr-terapkan-teknologi-aspal-plastik-dan-aspal-karet-dalam-pemeliharaan-jalan-nasional
Pau, D. I., & Oktavia, S. (2017). Pengaruh Beban Lebih (Over Loading) terhadap Pengurangan Umur Rencana Perkerasan Jalan pada Ruas Jalan Hasanudin-Yos Sudarso di Kabupaten Sikka. Jurnal SiarTek, 3(2), 29–36.
Siregar, N. A. (2019). Pengaruh Penambahan Plastik Jenis Low Density Polyethylene ( LDPE ) Terhadap Karakteristik Campuran Aspal AC-WC. Universitas Sumatera Utara.
Published
2021-02-28
How to Cite
[1]
Iskandar , A.C.S. 2021. Kinerja Campuran Beton Aspal AC-WC dengan Penambahan Limbah Botol Plastik. Jurnal Teknik Sipil MACCA. 6, 1 (Feb. 2021), 84-92.