Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja dalam Konteks Budaya Para Pekerja Konstruksi di Kota Makassar (Studi Kasus Pembangunan Gedung Akademi Teknik Industri Makassar)

  • Emmy Rahmawati Rachman Program Pascasarjana Magister Teknik Sipil, Universitas Muslim Indonesia
  • Abd. Karim Hadi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
  • Ratna Musa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Budaya, keselamatan, proyek konstruksi, SMK3

Abstract

Studi ini berfokus pada pengaruh kebudayaan dalam Implementasi terhadap Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diselenggarakan oleh perusahaan jasa konstruksi. Menggunakan Data kualitatif dan Kuantitatif, dalam proses pengumpulan dan analisa data dilaksanakan secara bersamaan dengan menerapkan metode pengamatan dan metode wawancara, dengan juga memperhatikan faktor kedekatan dengan para informan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penerapan SMK3 telah sesuai dengan prosedur penerapan SMK3 itu sendiri, sebagaimana termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012, Maka dilakukan penelitian terhadap tiga faktor yaitu Lingkungan kerja, Budaya kerja dan Pekerja terhadap Model Penerapan SMK3 yang sesuai. Penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 50 Pekerja. Pengambilan data pertama dengan metode wawancara agar menghasilkan data Kualitatif kemudian diikuti dengan data Kuantitatif, Metode analisis memakai pendekatan kuantitatif yaitu analisis regresi linier ganda. Model Penerapan Sistem Manajemen K3 yang dihasilkan adalah Model Penerapan SMK3 berbasis Pekerja/Buttom-Up, Model Sosialisasi berbasis Trend atau Viralitas dan Model Sosialisasi berbasis Kedaerahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augusty Ferdinand. (2006). No Title. Metode Penelitian Manajemen, BPFE Universitas Diponegoro, hal. 53.
Creswell, J.W. and Plano Clark, V. L. (2011). No Title. Designing and Conducting Mixed Methods Research. 2nd Edition, 2nd Editio(Sage Publications).
Sevilla, C. G. et. al. (2007). No Title. Research Methods, Rex Printing Company Quezon City.
Sugiyono. (2011). No Title. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Alfabeta.
Sujarweni, V. dan P. E. (2012). No Title. Statistika Untuk Penelitian, Graha Ilmu.
Syofian Siregar. (2013). No Title. Metode Penelitian Kuantitatif, Prenada Media Grup.
Published
2021-02-28
How to Cite
[1]
Rachman, E.R., Hadi, A.K. and Musa, R. 2021. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja dalam Konteks Budaya Para Pekerja Konstruksi di Kota Makassar (Studi Kasus Pembangunan Gedung Akademi Teknik Industri Makassar). Jurnal Teknik Sipil MACCA. 6, 1 (Feb. 2021), 58-66.