Analisis Durabilitas Campuran Split Mastic Asphalt (SMA) Terhadap Penggunaan Serat Selulosa (Serat Asbes)
DOI:
https://doi.org/10.33096/arj5m781Keywords:
Kuat tekan, kuat lentur, mutu betonAbstract
Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas perkerasan aspal adalah dengan modifikasi campuran dengan pemanfaatan bahan tambah seperti aspal-karet atau berbagai jenis serat yang memiliki viskositas yang lebih tinggi. Serat dalam beton aspal berfungsi untuk meningkatkan sifat-sifat campuran, misalnya dengan meningkatkan kekuatan material dan meningkatkan daktilitas. Penelitian ini bertujuan Menganalisis karateristik campuran Split Mastik Asphalt (SMA) dan ketahanan serta keawetan terhadap penggunaan serat selulosa (serat asbes) dengan melalukan variasi penggunaan serat selulosa sebesar 1%.2%,3%,4% dan 5% terhadap variasi kadar aspal masing-masing 6%,6,5%,7%,7,5% dan 8%. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kadar aspal optimim sebesar 7.5% dan persentase optimum penggunaan serat selulosa sebesar 2,81% dengan karatersitik campuran sebagai berikut: stabilitas (kg) 882,62 > 750, flow (mm) 2,75, VIM (%) 3,25 > 3, VMA (%) 19,83 >15, VFA (%) 83,59 > 76 dan MQ (kg/mm) 288,15 > 190. Campuran Split Mastic Asphalt (SMA) dengan penambahan serat selulosa memiliki sifat ketahanan dan durabilitas yang lebih tinggi yaitu dengan persentase kehilangan pada durasi waktu rendaman 8 hari sebesar 0,19% atau 1,47 kg dibandingkan dengan campuran SMA tanpa menggunakan serat selulosa yaitu dengan persentase kehilangan kekuatan 0,42 % atau 3,13 kg. Secara menyeluruh hasil pengujian memenuhi spesifikasi Bina Marga ≥75%.
References
Asphalt Institute,2007 The Asphalt Handbook, Manual Series No.4 (MS-4) Kentucky: The Asphalt Institute
American Society for Testing And Materials (ASTM). Standard test methods, vol. 4.03. West Conshohocken, PA: ASTM; 2000.
AASHTO MP8-01. Specification for designing SMA. American Association of State Highways Transportation Officials. AASHTO MP8-01; 2000.
Alvaro García, José Norambuena-Contreras, Manfred N. Partl, Philipp Schuetz;(2013), Uniformity and mechanical properties of dense asphalt concrete with steel wool fibers, Jurnal Construction and Building Materials 43 (2013) 107–117
Brown SF, Rowlett RD, Boucher JL. Asphalt modification. In: Proceedings of the conference on the United States strategic highway research program: sharing the benefits. London: Thomas Telford (Pub.); 1990. p. 181–203.
Button JW, Lytton RL. Evaluation of fabrics, fibers and grids in overlays. Sixth international conference on the structural design of asphalt pavements. Ann Arbor, M; 1987.
Chen H, Li N, Hu C, Zhang Z. Mechanical performance of fibers-reinforced asphalt mixture. J Chan Univ (Nat Sci Ed) 2004;24(2): 1–5.
Echols J. New mix method for fiber-reinforced asphalt. Public Works 1989;119(8):72–3.
Fitzgerald RL. Novel applications of carbon fiber for hot mix asphalt reinforcement and carbon–carbon pre-forms. MSc Thesis, Department Chemical Engineering, Michigan Technological University; 2000.
Huang H, White TD. Dynamic properties of fiber-modified overlay mixture. Trans Res Rec 1996;1545:98–104.
Maurer Dean A, Gerald M. Field performance of fabrics and fibers to retard reflective cracking. Trans Res Rec 1989;1248:13–23.
Mahrez A, Karim M, Katman H. Fatigue and deformation properties of glass fiber reinforced bituminous mixes. J East Asia Soc Trans Studies 2005;6:997–1007.
Mahrez A, Karim M, Katman H. Prospect of using glass fiber reinforced bituminous mixes. J East Asia Soc Trans Studies 2003;5:794–807.
Neves Filho CLD. Avaliação laboratorial de misturas asfálticas SMA produzidas com ligante asfalto-borracha. Thesis (Masters). Escola de Engenharia de São Carlos, Universidade de São Paulo, São Carlos, SP, Brazil; 2004.
Peltonen P. Wear and deformation of characteristics of fiber reinforced asphalt pavements. Constr Build Mater 1991;5:18–22.
Wu S, Ye Q, Li N, Yue H. Effects of fibers on the dynamic properties of asphalt mixtures. J Wuhan Univ Technol – Mater Sci Ed 2007;22:733–6.