Analisis Lanjutan Model Bangkitan Perjalanan pada Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar

Authors

  • Hamdan Kadir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ahmad Jihad Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author
  • Annisa Junaid Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/4yhtp675

Keywords:

analisis regresi, bangkitan perjalanan, korelasi, determinasi

Abstract

Kebutuhan sarana transportasi terus meningkat seiring dengan semakin tinggi mobilitas dalam kehidupan masyarakat. Salah satu lokasi rawan kemacetan adalah sekitar lokasi Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Bangkitan perjalanan yang terjadi pada lokasi penelitian merupakan salah satu permasalahan yang sering menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas pada waktu sibuk. Mengingat daerah kawasan Universitas Muhammadiyah Makassar terletak di jalan poros yang menghubungkan Kota Makassar – Gowa, maka sudah sepatutnya kepadatan lalu lintas sebisa mungkin di atasi secara cepat sebelum terjadinya kemacetan yang bisa berimbas pada terhambatnya transportasi penghubung antar kota. Metode pengambilan data adalah survei langsung, dengan membagikan kuisioner kepada mahasiswa, dosen ataupun karyawan yang datang, untuk menghitung kendaraan pribadi dan umum d lokasi. Metode analisis menggunakan metode regresi yang meliputi uji linearitas, korelasi, determinasi dan multikolinearitas serta untuk mendapatkan model yang terbaik berdasarkan nilai Determinasi (R2), nilai konstanta regresi, banyaknya variabel bebas dan tanda koefisien regresi. Dari 228 model yang dihasilkan dari kombinasi 9 (Sembilan) variabel bebas dan terikat, dipilih model ke 26 sebagai model yang memenuhi persyaratan. Model tersebut yakni Y = 1,495 + (-0,536).X1 + (-0,482).X3 + 1,251.X5 + (-0,227).X6 + 0,252.X8 + 0,172.X9 + 0,108.X10 (R2= 0,467)

References

Bahri, S., Nanda, B.F. and Razali, M.R. (2021) ‘Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Model Bangkitan Perjalanan Bekerja pada Kawasan Perumahan di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu’, Inersia, 13(1), pp. 41–47. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/inersiajurnal.

Bria, T.A., Wonlele, T. and Loden, O. (2019) ‘Model Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Pinggiran Menuju Pusat Kota (Studi pada Kawasan yang Mengalami Perubahan Spasial)’, Potensi : Jurnal Sipil Politeknik, 21(2), pp. 54–60. doi:10.35313/potensi.v21i2.1671.

Djakfar, L., Indriastuti, A.K. and Nasution, A.S. (2010) ‘Studi Karakteristik dan Model Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa Menuju Kampus (Sepeda Motor atau Angkutan Umum) di Kota Malang’, Rekayasa Sipil, 4(1), pp. 37–51. Available at: https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/161.

Ghozali, I. (2007) Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan Empat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Massara, A. et al. (2020) ‘Model Bangkitan Pergerakan Kendaraan (Studi Kasus Kawasan Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar)’, Jurnal Teknik Sipil Macca, 5(1), pp. 25–34.

Sevilla, C.G. (2007) Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Singarimbun, M. and Effendi, S. (1985) Metode Penelitian Survei. Edisi Kedua, LP3ES, Jakarta.

Tamin, O.Z. (2000) Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB.

Wijaya, T. (2009) Analisis data penelitian menggunakan SPSS. Universitas Atma Jaya.

Downloads

Published

2023-02-28

Similar Articles

1-10 of 58

You may also start an advanced similarity search for this article.