Kajian Tingkat Pelayanan dan Efektivitas Fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang pada Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan

Authors

  • Muhammad Reza Aizar R Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muhammad Ibnu Hajar Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Watono Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/wxsrea03

Keywords:

Jembatan penyeberangan orang, efektivitas, tingkat pelayanan

Abstract

Jembatan penyeberangan orang adalah fasilitas bagi pejalan kaki yang digunakan untuk menyeberangi jalan yang padat lalu lintas menggunakan jembatan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat pelayanan dan nilai efektivitas jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan Makassar Town Square pada ruas jalan Perintis Kemerdekaan. Analisis dilakukan dengan cara menghitung volume pejalan kaki yang melalui dan yang tidak melalui jembatan penyeberangan orang (JPO) di jam sibuk pagi, siang dan sore. Berdasarkan hasil analisis data Arus (flow) didapatkan hasil sebesar Q = 0,255 pejalan kaki/m/menit, untuk analisis data keceptan rata – rata ruang (space mean speed) didapatkan hasil sebesar (Vs) = 1,200 m/menit, kecepatan rata – rata waktu (time mean speed) didapatkan hasil sebesar (Vt) = 1,204 m/menit, untuk analisis data kepadatan (density) didapatkan hasil sebesar D = 0,212 pejalan kaki/m2, dan untuk analisis data ruang (space) didapatkan hasil  sebesar S = 4,712 m2/pejalan kaki. Sehingga, tingkat pelayanan jembatan penyeberangan orang di depan Makassar Town Square pada ruas jalan Perintis Kemerdekaan berada pada pada kategori LOS B. Sedangkan untuk hasil analisis data efektivitas jembatan penyeberangan orang (JPO) didapatkan hasil sebesar 43,496%, sehingga tingkat efektivitas jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan Makassar Town Square pada ruas jalan Perintis Kemerdekaan berada pada kategori “Cukup Efektif”.

References

Anonymus, 1995. “Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 027/T/Bt/1995 Tata Cara Perencanaan Jembatan Penyeberangan untuk Pejalan Kaki di Perkotaan”. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Anonymus, 1995. “Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan”. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum. 2

HCM, 2000. “Highway Capacity Manual, Special Report 209”. Transportation Reseach Board, Washington DC.National Research Coucil.

Mannering, Fred L., Scoot S. Washburn. 2012. “Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis”. Wiley, New York.

Paris, Marwan. 2016. “Jembatan Penyeberangan Orang Yang Terbengkalai di Makassar”,https://gosulsel.com/2016/04/14/jembatan-penyeberangan-yang-terbengkalai-di-makassar/

Downloads

Published

2022-02-28

Similar Articles

1-10 of 51

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>