Analisis Kerusakan Jalan dan Cara Penanggulangannya (Studi Kasus Jalan Poros Makassar-Maros)

Authors

  • Andi Ulfa Marsyanda Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ilham Yuna Dwi Januar Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Yasnawi Idrus Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author
  • Rani Bastari Alkam Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/fbqz1p25

Keywords:

Kerusakan, ruas jalan, lalu lintas, pemeliharaan rutin, Metode Bina Marga

Abstract

Ruas jalan Makassar-Maros memiliki volume lalu lintas yang tinggi sehingga mempengaruhi kualitas transportasi dan kinerja ruas jalan yang dinyatakan sebagai tingkat pelayanan. Kondisi kerusakan pada suatu ruas jalan perlu dianalisis untuk mengetahui besaran kerusakan yang terjadi dan tindakan penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan pada Jalan Poros Makassar-Maros dan menentukan cara menanggulangi kerusakan tersebut berdasarkan angka urutan prioritas jalan menurut metode Bina Marga. Observasi secara langsung dan tidak langsung dilakukan pada segmen jalan Poros Makassar-Maros km 23-25 sesuai dengan tahapan dan instrumen metode Bina Marga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase dari masing-masing jenis kerusakan ruas jalan poros Makassar-Maros yaitu: patch (60,5%), retakan kulit buaya (23,8%), retakan halus/ rambut (7,5%), pelepasan butir (4,2%), retak refleksi (2,9%), lubang (0,6%), dan retakan tepi (0,5%). Selanjutnya diperoleh  volume lalu lintas harian sebesar 20.528 smp/jam. Angka urutan prioritas sebesar 8,815, maka menurut nilai prioritas pada metode Bina Marga, ruas jalan poros Makassar-Maros pada segmen yang ditunjau termasuk dalam program pemeliharaan rutin.

References

Firmansyah, M. M. (2019). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir di Badan Jala (Studi Kasus : Jalan Niaga Mojosari Kabupaten Mojokerto). Universitas Muhammadiyah Malang.

Jehadus, S. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kerusakan Jalan Raya Lintas Labuan Bajo - Lembor Flores Nusa Tenggara Timur. 1–25.

Khalifah, S. (2020). Bina Marga Dan Pci ( Pavement Condition Index ). 1, 34–44.

Rondi, M. (2016). Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya. Ilmiah, Publikasi, 3(20), 1–19.

Yusra, C. liliiza. (2018). Analisis Pengaruh Kerusakan Jalan Terhadap Kecepatan Perjalanan. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan, 1(3), 46–55. https://doi.org/10.24815/jarsp.v1i3.11761

Downloads

Published

2022-02-28

Similar Articles

1-10 of 96

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3