Analisis Sifat Mekanis Piston Motor Yamaha Mio Genuine Part dan Imitasi
Kata Kunci:
Piston, Genuine Part, Npp, Kekerasan, Yamaha MioAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekerasan piston motor mio m3 yang genuine part dan imitasi (npp). Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak atau seher adalah bagian dari mesin pembakarandalam yang berfungsi sebagai penekanan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar, piston terhubung ke poros engkol melalui connecting rod. Hasil analisa pengujian kekerasan pada piston genuine part didapatkan nilai kekerasan pada bagian samping 106 N/mm2, bagian bawah 124 N/mm2, bagian atas 137 N/mm2 dan untuk piston imitasi (npp) didapatkan nilai kekerasan pada bagian samping 107 N/mm2, bagian bawah 114 N/mm2, bagian atas 119 N/mm2.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang diterbitkan dalam J-Move Journal (Journal of Mechanical Engineering Innovation and Development) dilisensikan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Hak cipta (copyrights) tetap dipegang oleh penulis.
- Artikel dapat digunakan, disalin, dibagikan, dan diadaptasi oleh pihak lain untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat:
- Atribusi harus diberikan dengan jelas kepada penulis asli dan jurnal sebagai tempat publikasi pertama.
- Jika dibuat karya turunan (adaptasi, modifikasi, atau pengembangan), maka karya turunan tersebut wajib didistribusikan dengan lisensi yang sama (CC BY-SA 4.0).
Dengan mengirimkan artikel ke jurnal ini, penulis menyetujui bahwa karya mereka dapat didistribusikan dan digunakan ulang sesuai lisensi tersebut.