Analisis Kapasitas Ruas Jalan dan Hambatan Samping Menggunakan Aplikasi Visual Basic (VBA)

Studi Kasus: Jalan Rappocini Raya, Kota Makassar

  • St Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Fadel Haris Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
  • Endah Nalini Harum Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kapasitas, Hambatan samping, MKJI 1997

Abstract

Jalan Rappocini Raya memiliki tipe jalan 2/2UD termasuk jalan pada area komersial karena di jalan ini didominasi oleh kawasan pertokoan. Hal ini menimbulkan beberapa permasalahan yaitu peningkatan jumlah kendaraan dan hambatan samping. Beberapa penyebabnya kendaraan keluar masuk, kendaraan lambat, pejalan kaki dan kendaraan bermuatan berat yang mengakibatkan aktivitas cukup padat. Oleh karena itu,untuk menganalisis masalah yang terjadi maka  perhitungan ini dalam sebuah program aplikasi bernama Visual Basic Aplication (VBA). Yang mana dapat membantu dalam meminimalisir kekeliruan yang dapat memakan waktu didalam memperbaikinya, dengan menggunakan metode kuantitaf serta berdasarkan MKJI 1997. Dalam konsep ini, telah dilakukan penelitian dengan mengambil 2 titik lokasi. Analisis dapat disimpulkan Kapasitas jalan pada titik 1 dan 2 sebesar 2743,73 Smp/Jam, sementara menggunakan VBA mendapatkan hasil yang sama. Sedangkan menggunakan metode MKJI 1997  didapatkan hambatan samping pada titk 1 dan 2 sebesar 431 dan 440 smp/Jam, dengan tingkat hambatan samping M (Medium), sementara pengelolaan menggunakan VBA mendapatkan hasil yang sama dengan metode MKJI dan pengolahan datanya terkesan lebih cepat dengan hasil yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Davera, S. E., Winayati, & Rahmat, H. (2023). Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan HR Soebrantas Kota Pekanbaru. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 3(1), 16–24.

Lalenoh, R. H., Sendow, T. K., & Jansen, F. (2015). ANALISA KAPASITAS RUAS JALAN SAM RATULANGI DENGAN METODE MKJI 1997 DAN PKJI 2014. Jurnal Sipil Statik, 3(11), 737–746.

Raudah, Z. N., Kushartomo, W., & Najid. (2021). ANALISIS KAPASITAS DAN KECEPATAN ARUS BEBAS BERDASARKAN MKJI DI RUAS JALAN GATOT SUBROTO (Vol. 4, Issue 1).

Rumayar, A. L. E., & Lintong. (2013). Analisa Kapasitas Dan Tingkat Pelayanan pada Ruas Jalan Wolter Monginsidi Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 1(9), 623–629.

Vikri Septiansyah, M. M., & Novi Wulansari, D. (2018). ANALISA KINERJA RUAS JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, DKI JAKARTA. Jurnal Kajian Teknik Sipil, 3(2), 110–115.

Zaifuddin, & Jihad, A. (2020). ANALISIS KAPASITAS SEGMEN JALAN DAN KECEPATAN ARUS BEBAS PADA JALAN PERKOTAAN DENGAN MENGGUNAKAN VBA-EXCEL (Zaifuddin & A. Jihad, Eds.; Limited, Vol. 1). Universitas Muslim Indonesia.
Published
2023-10-31
How to Cite
[1]
BadaronS.F., HarisM.F. and HarumE.N. 2023. Analisis Kapasitas Ruas Jalan dan Hambatan Samping Menggunakan Aplikasi Visual Basic (VBA). Jurnal Teknik Sipil MACCA. 8, 3 (Oct. 2023), 236-243.