Studi Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan pada Ruas Jalan Jalan Abdullah Daeng Sirua Kota Makassar

Authors

  • Hamsul Rijal Saharuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muh. Zulfadly Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Maryam H Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muh. Husni Maricar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Watono Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/sq8n6w84

Keywords:

Kecelakaan, Jaringan Transportasi, Volume Arus

Abstract

Kecelakaan lalu lintas umumnya terjadi karena berbagai faktor penyebab seperti pelanggaran atau tindakan tidak hati-hati para pengguna (pengemudi dan pejalan kaki), kondisi jalan, kondisi cuaca, kondisi kendaraan dan pandangan yang terhalang. Kurangnya perhatian  pada suatu sistem jaringan transportasi mengakibatkan sistem sarana transportasi tersebut menjadi sangat rentan terhadap kemacetan dan kecelakaan yang terjadi apabila volume arus lalu lintas meningkat lebih dari rata-rata. Jalan Abdullah daeng Sirua merupakan  salah satu jalur transportasi  yang menghungkan beberapa wilayah di Kota Makassar mangakibatkan jalan banyak dilalui oleh kendaraan baik itu kendaraan roda empat, roda dua dan pejalan kaki sehingga jalan Abdullah Daeng Sirua menajadi prasarana yang padat terhadap kendaraan dan pejalan kaki. Namun dilihat dari kondisi jalan Abdullah Daeng Sirua terdapat beberapat titik pada ruas jalan yang dapat menjadi salah satu faktor kecelakaan seperti pada persimpangan jalan Abdullah Daeng Sirua dan Ance Daeng Ngoyo kondisi jalan yang kecil dan rambu jalan berupa peringatan Stop yang tidak ada dapat mengakibatkan potensi  kecelakan. Hal ini jaga terdapat pada pertigaan jalan Abdullah Daeng Sirua dan jalan Dr. Leimena dan jalan Inspeksi Pam kondisi jalan yang kecil dan tidak adanya pembatas antar badan jalan dan sungai dapat mengakibatkan kecelakaaan belum lagi badan jalan yang dijadikan  lahan parkir usaha-usaha pertokoan dan pedagang kaki lima pada beberapa titik pada ruas jalan Abdullah Daeng Sirua.

References

Gunawan, A., Azwansyah, H., & Erwan, K. (2014). Identifikasi Lokasi Titik Rawan Kecelakaan (Black Spot) pada Ruas Jalan Adi Sucipto. JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 1–13.

Juliyanti, W. I., Mukti, E. T., & Kadarini, S. N. (2020). Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan (Studi Kasus Jalan Komyos Sudarso). JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 7(3), 1–10.

Pamungkas, S. B., Amirotul, M., & Setiono. (2017). Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan di Jalan Arteri Primer Kota Surakarta. E-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL, 1199–1206.

Sanjaya, A., Sulandari, E., & Basalim, S. (2016). Perencanaan Traffic Light pada Simpang Jl. Purnama - Jl. M. Sohor - Jl. Letjen Sutoyo Kota Pontianak. JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 3(3), 1–13.

Sugiyanto, G., & Fadli, A. (2016). Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dengan Metode Batas Kontrol Atas dan Upper Control Limit. Jurnal Program Studi Teknik Sipil …. https://scholar.archive.org/work/u4vfti5g75bybfapksrs5lwcz4/access/wayback/https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jtsp/article/downloadSuppFile/10768/1521

Zanuardi, A., & Suprayitno, H. (2018). Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knowledge Discovery in Database. Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.12962/j26151847.v2i1.3767

Downloads

Published

2023-01-31