Evaluasi Pola Pergerakan Penumpang dan Barang dengan Moda Transportasi Laut

Studi kasus Pelabuhan Cappa Ujung Kabupaten Sinjai

Authors

  • Fuad Afdhal Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Al Hilal Hamdi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Andi Alifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/16p24p22

Keywords:

Pola Pergerakan, Tingkat Kepuasan, SPSS

Abstract

Moda transportasi laut merupakan moda transportasi satu satunya yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pergerakan yang bertujuan ke kecamatan pulau sembilan kaupaten Sinjai melalui pelabuhan cappa ujung, untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya.Penelitian ini merupakan kajian mengenai pola pergerakan penumpang dan barang serta tingkat kinerja keamanan, pelayanan dan aksesibilitas yang diberikan kepada pengguna jasa, agar menggambarkan mutu karasteristik pelaku perjalanan dan mutu sistem transportasi di pelabuhan cappa ujung kabupaten Sinjai.Model penelitian ini menggunakan dua sumber yaitu data sekunder yang di dapat dari instansi terkait dan data primer melalui survei secara langsung serta penyebaran kuisioner pada pengguna jasa transportasi. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak berstrata (stratified random sampling). Kemudian data tersebut di analisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan Program Aplikasi Statistikal Package for The Social Sciences (SPSS). Dari hasil penelitian di peroleh bahwa karasteristik penumpang berprofesi sebagai wirasuasta sebesar (51%), dan dengan tujuan perjalanan untuk berdagang sebesar (43%)dengan jenis barang yang di angkut adalah barang kebutuhan rumah tangga dan barang dagangan. Berdasarkan hasil tingkat kepuasan pelanggan di pelabuhan cappa ujung kabupaten sinjai, mengatakan bahwa: dimensi keamanan (X1), pelayanan (X2) dan aksesibilitas (X3) berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien kolerasi masing-masing 0,075, 0,051, dan 0,0069.

References

Gaol, S. L. (2008). Evaluasi Pola Pergerakan Orang dan Barang Dengan Moda Transportasi Air (Studi Kasus: dari dan ke Kota Balige). Universitas Sumatera Utara.

Gaus, A., Anwar, C., & Putra, S. (2017). Aplikasi Metode Importancae Performance Analysis dalan Analisa Tingkat Pelayanan Mode Speedboat. Techno: Jurnal Penelitian, 6(01), 37–45. https://doi.org/10.33387/tk.v6i01.554

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit UGM.

Tonny, J. (2011). Analisis Pola dan Estimasi Pergerakan Barang Sebagai Pertimbangan Prioritas Pembangunan Jalan Di Kabupaten Bengkalis - Provinsi Riau. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 11(2), 1–12.

Wilanda, F. (2019). Analisis Regresi Linear Berganda Terhadap Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Pasien Kota Medan untuk Wisata Medis ke Penang. Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2023-01-31