Studi Penerapan Manajemen Sistem Transportasi untuk Menanggulangi Kemacetan Lalu Lintas di Kawasan Jalan Hj. Saripa Raya Kota Makassar

Authors

  • Syalsabilah Ahila Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Andi Puput Purnama Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Maryam Hafran Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Rani Bastari Alkam Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/fh4zff90

Keywords:

Manajemen transportasi, Volume lalu lintas, Hambatan samping, Kepadatan

Abstract

Kemacetan terjadi di salah satu kawasan ruas jalan Hj. Saripa Raya Kota Makassar utamanya pada waktu sibuk. Kawasan tersebut memiliki dua ruas dan dua simpang pada jarak yang berdekatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab kemacetan pada kawasan ruas jalan Hj. Saripa Raya dan menganalisis bentuk penerapan manajemen sistem transportasi yang tepat untuk menanggulangi kemacetan lalu lintas pada kawasan tersebut. Penelitian observasional melalui survei lalu lintas dilakukan selama tiga hari meliputi survei geometrik jaringan jalan, karakteristik lalu lintas, dan inventarisir bagian pelengkap jalan utamanya yang berkaitan dengan lalu lintas. Metode analisis mengacu pada pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas tertinggi sebesar 2944 smp/jam dimana dapat diidentifikasi bahwa penyebab kemacetan di kawasan tersebut yaitu tundaan pada persimpangan jalan, keberadaan pedagang kaki lima pada bagian sisi jalan, parkir badan jalan, minimnya ketersediaan rambu lalu lintas, dan konflik antara gerakan lurus dan berbelok. Bentuk manajemen transportasi yang cocok diterapkan yaitu manajemen kapasitas dengan penerapan rekayasa ruang parkir bagi kendaraan dan penyediaan rambu lalu lintas. Selain itu, manajemen prioritas dari jalan minor ke mayor juga perlu diterapkan pada simpang tak bersinyal di kawasan ini.

References

Bau, Q. D., Ali, I., & Reski, N. T. A. (2020). Kinerja Manajemen Lalu Lintas Baru Di Kawasan Losari Kota Makassar. Jurnal Transportasi, 20(1), 37–46. https://doi.org/10.26593/jtrans.v20i1.3854.37-46

Munawar, A. (2015). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung.

Nasution, M, N. (2013). Manajemen Transportasi. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Novalia, C. (2016). Analisa dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol - Jalan Sisingamangaraja ) FV = ( FVo + FVw ) x FFVsf x FFVcs. 4(1), 153–162.

Said, L. B., & Hafran, St Maryam, (2020). Pengaruh Pertumbuhan Kendaraan Dan Kapasitas Jalan Terhadap Kemacetan Di Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan. 3(1), 79–86. https://doi.org/10.31219/osf.io/kpw6e

Downloads

Published

2022-01-31