Biasanya pada struktur jalan akan terjadi penurunan fungsi struktur bersama dengan bertambahnya usia dan akan terjadi kerusakan dalam jangka waktu relatif cepat, baik jalan yang baru dibangun ataupun yang baru diperbaiki. Banyak faktor yang bisa menjadi p

Authors

  • Andi Aqsha Mulia Nugraha Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Malik Abdul Aziz Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/fcwzex75

Keywords:

Deformasi permanen, Wheel tracking machine, Serbuk arang, Tempurung kelapa

Abstract

Biasanya pada struktur jalan akan terjadi penurunan fungsi struktur bersama dengan bertambahnya usia dan akan terjadi kerusakan dalam jangka waktu relatif cepat, baik jalan yang baru dibangun ataupun yang baru diperbaiki. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada jalan seperti beban yg berlerlebih kendaraan yang lewat,   persyaratan teknis yang tidak sesuai standar, dan permukaan perkerasan tidak kembali ke posisi semula (deformasi permanen) setelah pembebanan. Salah satu cara untuk mengantisipasi risiko tersebut adalah dengan menguji Whell Tracking Machine. Pengujian ini dilakukan untuk menganalisis perilaku rutting dan geser dari campuran aspal. Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang menyebabkan permukaan jalan cepat rusak dan retak, maka perlu dilakukan modifikasi campuran tersebut dengan menggunakan salah satu bahan tambahan yaitu abu batok kelapa sebagai bahan pengisi dalam pencampuran aspal. Penggunaan kadar aspal yang optimum yaitu 5,9% dan kadar serbuk arang tempurung kelapa (SATK) adalah 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5%. Pada hasil pengujian, Whell Tracking Machine menggunakan SATK cocok untuk mengurangi deformasi dan rutting pada perkerasan lentur dan campuran kandungan bubuk arang memberikan ketahanan dan fleksibilitas yang baik.

References

ASTM D2726-04. Standard Test Method for Bulk Specific Gravity and Density of Non-Absorptive Compacted Bituminous Mixtures

AASHTO. (1997). Standard Specification for Transportation Materials and Method of Sampling and Testing Part 3 edition.

Dirjen Bina Marga. (2016). Spesifikasi Perkerasan Aspal. Spesifikasi Umum Pekerjaan Jalan Dan Jembatan, Modul 7, 120. https://simantu.pu.go.id/epel/edok/d7f75_MODUL_7.pdf

Isnanda, I., Saleh, S. M., & Isya, M. (2018). Pengaruh Substitusi Polystyrene (Ps) Dan Abu Arang Tempurung Kelapa Sebagai Filler Terhadap Karakteristik Campuran Ac-Wc. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 637–646. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.10002

Muaya, George Stefen, Oscar.H.Kaseke, M. R. E. M. (2015). Pengaruh Terendamnya Perkerasan Aspal oleh Air Laut yang Ditinjau Terhadap Karakteristik Marshall. Jurnal Sipil Statik, 3(8), 562–570.

Downloads

Published

2019-10-31