Analisis Kinerja Pelayanan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

Authors

  • Muhammad Amril Ramadhan Sabil Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ali Imran Ramadhani Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Yasnawi Idrus Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ilham Syafei Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/raprhp29

Keywords:

Container, Soekarno Hatta Port, SPSS

Abstract

Terminal peti kemas Makassar memegang peran penting dalam pelayanan peti kemas dalam lalu lintas pergerakan melalui hub pelabuhan di Kota Makassar dengan intensitas kebutuhan kontainerisasi yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kinerja layanan pada terminal petikemas pelabuhan Makassar dalam interval tahun 2019 – 2023. Penggunaan Software SPSS dan Microsoft Exel hanya sebagai alat bantu dalam menganalisa data. Objek penelitian adalah data kinerja layanan operasional untuk aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Makassar tahun 2014-2018. Tren peningkatan arus bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar terjadi setiap tahun. Di tahun 2014, jumlah peti kemas sebanyak 480.878 box yang bertambah hingga 537.433 box di Tahun 2019. Faktor yang mempengaruhi penambahan arus peti kemas yaitu PDRB dengan nilai koefisien determinasi yaitu 0.855 dan nilai korelasi yaitu 0.925. Artinya PDRB mempengaruhi laju arus peti kemas di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar sebesar 85.5%, sedangkan sisanya sebesar 14.5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja pelayanan terminal petikemas Makassar masuk dalam kategori baik, dari 5 unsur penilaian 4 unsur memperoleh nilai baik dan 1 unsur masuk dalam kategori kurang baik.

References

Chairunnisa, C., & Sunarto, S. (2012). Kajian Evaluasi Kinerja Pelayanan Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Kendari. Warta Penelitian Perhubungan, 24(5), 504–517. https://doi.org/10.25104/warlit.v24i5.1029

Elvan, S. A., Hindianthoro, S., & Yahya. (2019). Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Keagenan PT. Pelayaran Ekanuri Indra Pratama Di Tanjung Priok Jakarta. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v1i1.11

Kadarisman, M., Yuliantini, Y., & Majid, S. A. (2016). Formulasi Kebijakan Sistem Transportasi Laut. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 3(2), 161. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v3i2.101

Warong, E. A. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Terminal Petikemas Bitung. Politeknik Negeri Manado.

Widyarti, D. A., Rinaldi, & Fatnanta, F. (2017). Analisis Berth Occupancy Ratio (Bor) Untuk Memenuhi Standatr Ultilitas Dirjen Perhubungan Laut Pada Dermaga B Curah Cair Pelabuhan Dumai. Jom Fteknik, 4(2), 1–10.

Wunas, S., & Natalia, V. V. (2015). Pembangunan Infrastruktur Transportasi Di Kota Makassar. Jurnal Transportasi, 15(3), 169–178. https://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/view/1753

Downloads

Published

2019-10-31