Tinjauan Kerusakan Lapis Permukaan Perkerasan Kaku Jalan Poros Maros - Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.33096/rkfgxg39Keywords:
Ruas Jalan, Perkerasan Kaku, Kerusakan Jalan, Jenis KerusakanAbstract
Kerusakan yang terjadi pada perkerasan di jalan poros Maros-Pangkep di akibatkan oleh beberapa faktor, yang ditinjau dari jenis kerusakannya yang cukup bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada lapis perkerasan kaku Jalan poros Maros - Pangkep dan mengkategorikan nilai kerusakannya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei langsung ke ruas Maros-Pangkep tepatnya di Kelurahan Maccini Baji, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros dengan membagi ruas jalan menjadi beberapa segmen lalu diidentifikasi dan didokumentasikan jenis kerusakan jalan yang ada. Kerusakan jalan kemudian dianalisis dengan menghitung dan mengukur dimensi kerusakan tiap segmen jalan, menentukan jumlah dan mengevaluasi kerusakan jalan yang ada. Hasil survei dan data penelitian kemudian diolah untuk mengetahui apakah permukaan jalan yang ada di maros-pangkep mengalami kerusakan. Setelah diketahui persentase kerusakan jalan, kerusakan jalan kemudian diidentifikasi dengan pengamatan secara langsung dan membuat kategori kerusakan yang ada. Jenis kerusakan yang terjadi yatu retak (30,06 %), gompa (1,371), lubang (0,114 %) ambles (1,971 %), belahan (10,2 %).
References
Anas Ali, M., 2000, Modul Kursus Singkat Perkerasan Beton Semen, Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia Propinsi Riau.
Agustyawani,P.E, Hartantyo.S,D, 2016.Identifikasi Kerusakan Jalan Beton Ditinjau Dari Jenis Kerusakannya.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Provinsi,Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum
Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota. Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)
Helmi, A., 1999, Kajian Tentang Formula Daya Rusak Roda Kendaraan dari Beberapa Negaradan Instansi. Pekanbaru: Prosiding Konferensi Regional Teknik Jalan Ke-6 Wilayah Barat, 11-13 November.
Japan International Cooperation Agency (Jica) Republik Indonesia.2008. Studi Pengembangan Jaringan Jalan Arteri Di Pulau Sulawesi Dan Studi Kelayakan Jalan Arteri Prioritas Di Propinsi Sulawesi Selatan. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga
Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017.Manual Perkerasan Jalan.
Kambuaya.D,A,dkk.2015. Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan Terhadap Umur Layan.
S.A. Adisasmitha, A.F. Aboe , A.P. Putra. Pengaruh Kelebihan Beban Terhadap Umur Rencana Jalan (Studi Kasus Jalan Poros Maros – Pangkep). Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
Supardi. 2013. Evaluasi Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Rigid Dengan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Sei Durian – Rasau Jaya Km 21 + 700 S.D. Km 24 + 700). Kabupaten Kubu Raya.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 13 /Prt/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan