Pengaruh Penambahan Serbuk Enceng Gondok Terhadap Karakteristik Campuran Hot Rolled Sheet Wearing Course (HRS-WC)

Authors

  • Taufik Achmad Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muspayani Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Winarno Arifin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Salim Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/ha734498

Keywords:

Marshall Test, Serbuk Enceng Gondok, HRS-WC, Agregat halus

Abstract

Jalan raya secara struktural dapat mengalami kerusakan akibat multi faktor diantaranya kelebihan beban lalu lintas, penggunaan tanpa perawatan berkala, kualitas buruk dari komposisi material tiap lapisan, serta pengaruh akumulatif dari genangan akibat curah hujan. Penulis bermaksud menganalisis karakteristik campuran HRS-WC jika menggunakan serbuk eceng gondok (Eichornia Crassipes) sebagai bahan tambah agregat halus. Metode yang digunakan dalam mengelola data untuk dapat menghasilkan design yang baik adalah Marshall Test untuk mengetahui kemungkinan terjadinya retakan pada lapis perkerasan. Setelah memenuhi spesifikasi dan diperoleh nilai KAO, dilakukan pembuatan benda uji dengan penambahan serbuk eceng gondok pada setiap benda uji dengan variasi kadar yaitu 0,3% 0,5% 0,7% 0,9% 1,1% yang diwakili tiga sampel pengujian pada setiap variasi kadar serbuk eceng gondok. Berdasarkan hasil pengujian campuran aspal beton dengan penambahan serbuk eceng gondok diperoleh kadar aspal optimum yaitu 7,5%. Selain itu, keberadaan serbuk eceng gondok sebagai bahan tambah pada HRS-WC, menunjukan bahwa penambahan kadar variasi serbuk eceng gondok dapat menurunkan mutu campuran HRS-WC.

References

Alifuddin, A., Sudikno, A., Juwono, P. T., & Said, L. B. (2018). The Performance of Asphalt Concrete Mixture and Fiber Reinforcement Using Seawater Immersion Model to Indirect Tensile Strength. International Journal of ChemTech Research, 11(3), 52–63. https://doi.org/10.20902/ijctr.2018.110308

Estela Laoli, M., Kaseke, O. ., Manoppo, M. R. ., & Jansen, F. (2013). Kajian Penyebab Perbedaan Nilai Berat Jenis Maksimum Campuran Beraspal Panas Yang Dihitung Berdasarkan Metode Marshall Dengan Yang Dicari Langsung Berdasarkan Aashto T209. Jurnal Sipil Statik, 1(2), 128–132.

Hakim, Y. (2017). Pengaruh Penambahan Serat Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) dan Serbuk Aluminium Terhadap Karakteristik Geopolimer Berbasis Abu Layang Batubara. Universitas Negeri Semarang.

Lalamentik, L. (2016). Penggunaan Mikro Asbuton Sebagai Bahan Pengigsi (Filler) Terhadap Durabilitas Campuran Hot Rolled Asphalt (HRA). Jurnal Sipil Statik, 4(6), 399–404.

Munggarani, N. A., & Wibowo, A. (2017). Kajian Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Perkerasan jalan Lentur dan Pengaruhnya terhadap Biaya Penanganan. Jurnal Infrastruktur, 3(01), 9–18.

Downloads

Published

2019-01-31