Analisis Sistem Pelayanan Moda Transportasi Umum di Kota Makassar

Authors

  • Irham Hardiansyah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Rian Adriansyah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ilham Syafei Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/eg4ktp96

Keywords:

Kualitas pelayanan, Transportasi umum, Pengguna, BRT Trans Maminasata

Abstract

Keberadaan Busway (BRT) merupakan salah satu upaya untuk dapat mengurai kemacetan yang ada di Kota Makassar. Namun moda transportasi ini ternyata masih kurang mampu mengambil simpati masyarakat pengguna jasa transportasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan transportasi umum khususnya BRT Trans maminasata koridor III. Analisis dilakukan untuk variabel tangible, reliability, responsive, empathy, cost, time, dan distance. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling dengan jumlah sampel 101. Data di analisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji lineritas, analisis regresi dan koefisien determinasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan tarif angkutan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna BRT Trans Maminasata koridor III. Koefisien regresi untuk tingkat pelayanan adalah yang paling signifikan dari semua variabel serta didapatkan Rsquare sebesar 0,948, yang artinya besar hubungan antara tingkat pelayanan dan loyalitas pengguna BRT yaitu 94,8 %. Kualitas pelayanan BRT Trans Maminasata Koridor III masih dituntun perlunya peningkatan.

References

Basuki, Imam. 2008. Tanggapan Masyarakat terhadap pengoperasian Bis Perkotaan Patas Transjogja. Jurnal Transportasi, Vol. 8 Edisi khusus No 1 Oktober 2008.

Sutomo, Heru. 2008. Prioritas Angkutan Umum untuk Menggapai Keberlanjutan, Jurnal Transportasi Vol. 8 Edisi Khusus No. 3 Oktober 2008.

Parasuraman, Valerie A. Zeithmal, Leonard Berry. 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumers Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing Vol. 64, No. 1.

Sigit Haryono, (2013) “Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakarta”, Jurnal.

Mulyana, D (2001). ”Metodologi Penelitian Kualitatif”, Remaja Rosdakarya, Indonesia.

Wurjanto, A. (2001). Probabilitas dan Statistik, ITB, Bandung.

Downloads

Published

2020-01-31