Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus Jalan Landak Lama Kota Makassar)

Authors

  • Masriadi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Desy Ramadhani. T Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St Maryam H Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/r5y88193

Keywords:

Hambatan samping, tingkat hambatan, kinerja ruas jalan

Abstract

Hambatan samping sering kali terjadi karena adanya aktivitas sosial, ekonomi, pendidikan, adanya parkir di badan jalan yang dikarenakan banyak terdapat pertokoan namun tidak menyediakan tempat parkir, sarana angkutan umum yang menurunkan penumpang disembarang tempat, keluar masuknya kendaraan di persimpangan jalan dan pertokoan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis tingkat dan dampak hambatan samping terhadap kinerja ruas Jalan Landak Lama Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas sisi jalan yang sangat tinggi, tingkat hambatan samping tertinggi berada pada hari Selasa di titik 1 pukul 15.45 – 16.45 dengan frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 560 SFC, termasuk kelas hambatan samping tinggi (H) dengan kondisi tempat yang dominan pertokoan atau pusat perbelanjaan, serta kinerja ruas jalan tertinggi berada pada hari Selasa di titik 1 dengan nilai derajat kejenuhan 0,74 dengan tingkat pelayanan E kapasitas 3065,04 smp/jam, dan kepadatan dari kecepatan 17,17 km/jam menghasilkan nilai 131,65 smp/jam. dan titik 2 dengan nilai derajat kejenuhan 0,55 dengan tingkat pelayanan E kapasitas 32788,88 smp/jam, dan kepadatan dari kecepatan 20,25 km/jam menghasilkan nilai 89,09 smp/jam. Dari tingkat pelayanan mencerminkan kondisi yang tidak stabil. Kecepatan perjalanan antara 30% dan 40% dari kecepatan arus bebas dasar, dan rasio volume terhadap kapasitas tidak lebih besar dari 1,0.

References

Desembardi, Faried, Sukrisman, A., Ulayanto, H., & Pristianto, H. (2018). Analisis Kinerja Ruas Jalan Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Pada Jalan A.M. Sangaji Gonof Km.12 Kota Sorong. https://doi.org/doi:10.31227/osf.io/ xprtz

Hidayati, N., Setiyaningsih, I., & Idris, Z. (2018). Sistem Transportasi Dan Rekayasa Lalu Lintas. Jawa Tengah. Muhammadiyah University Press.

Kristiawan, Deril, & Najid. (2019). Analisis Pengaruh Hambatan Samping Akibat Aktivitas Tata

Guna Lahan Di Jalan Mh. Thamrin Tangerang Dan Jalan Raya Serpong. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 2(4), 31–38. https://doi.org/10.24912/jmts.v2i4.6173

Kurniawan, Septyanto, & Surandono, A. (2019). Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Brigjend Sutiyoso Kota Metro. TAPAK, 8(2).

Pomanto, & Ramdhan, M. (2021). Makassar Recover. 1.

Suwardi. (2010). Pengaruh Parkir Di Badan Jalan Terhadap Lalu Lintas Di Ruas Jalan Purwosari-Gladag Surakarta. Jurnal Teknik Sipil, 7, 144–154.

Yasa, I. M. T., & Sutapa, I. K. (2011). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan Cokroaminoto Denpasar (Studi Kasus Di Depan Sekolah Taman Mahatma Gandhi). Seminar

Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah, Denpasar, A99-A-106.

Downloads

Published

2024-04-30