Studi Pengaruh Keberadaan Pusat Perbelanjaan Toko Satu Sama Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa Riswandy Fahmy Syam1, Lambang Basri Said2, Ilham Syafei3.
DOI:
https://doi.org/10.33096/wcz5w554Keywords:
Tarikan pergerakan, SPSS, Pusat perbelanjaanAbstract
Peningkatan pembangunan pusat perbelanjaan modern mengisyaratkan adanya peningkatan kebutuhan ruang untuk aktivitas perekonomian. Dengan arus lalu lintas dan aktifitas hambatan samping yang tinggi dapat menghambat arus pergerakan lalu lintas, sehingga dengan dilakukan penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi serta saran yang bermanfaat untuk dapat memperlancar arus lalu lintas yang berada di Jl. Tun Abdul Razak. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis pengaruh pusat perbelanjaan Toko Satu Sama terhadap tarikan perjalanan atau pergerakan, kinerja ruas Jl. Tun Abdul Razak Kab. Gowa terhadap pusat Perelanjaan Toko Satu Sama dan rekapitulasi kinerja ruas Jl. Tun Abdul Razak Kab. Gowa. Dari hasil perhitungan analisis pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Tun Abdul Razak sangat mempengaruhi karena kapasitas jalan berkurang karna banyaknya kendaraan yang parkir di badan jalan dan banyaknya kendaraan keluar masuk pada toko Satu Sama dengan Kapasitas yang dihasilkan pada ruas Tun Abdul Razak yaitu 3036 smp/jam setiap jalurnya. Dan nilai derajat kejenuhan pada ruas Tun Abdul Razak yaitu arah Barat 13.15 - 14.15 yaitu 0,67 dan untuk arah Timur 15.15 – 16.15 yaitu 0,82. Tingkat pelayanan yang dihasilkan pada pada ruas Tun Abdul Razak arah Barat 13.15 - 14.15 yaitu “C” Arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan dan untuk arah Timur 15.15 – 16.15 yaitu “D” Arus mendekati tidak stabil, kecepatan masih dikendalikan oleh kondisi arus lalu lintas, rasio Q/C masih bisa ditoleransi.
References
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: ITB
Asfiati, S. (2004). Pembangunan Medan Fair Plaza dan Pengaruhnya Terhadap Prasarana Transportasi. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/40910
Atmaja, Y. N. (2015). Analisis Dampak Lalu Lintas Bandara Kulon Progo Traffic Impact Analysis of Kulon Progo Airport. 5, 221–232. http://ircham.
Buttke, C. H. (1983). Trip Generation. Compendium of Technical Papers, Annual Meeting - Institute of Transportation Engineers, 10–20. https://doi.org/10.4324/9781003155690-4
Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Raya Indonesia (MKJI). Dirjen Bina Marga. Departemen
Harry, D. (2021). Studi Pengaruh Keberadaan Pusat Perbelanjaan Irian Supermarket & Dept. Store Dan Hambatan Samping Terhadap Kondisi Lalu Lintas di Ruas Jalan M.H. Thamrin, Tebang Tinggi (Studi Kasus).
Kasan, M. (2009). Dampak Pusat Perbelanjaan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Walter Monginsidi Kota Palu.
Kinerja, A., Jalan, R., Adanya, A., Perbelanjaan, P., Kasus, S., Rajawali, S., & Palangka, R. (2021). Media Ilmiah Teknik Sipil, Volume 9, Nomor 2, Juni 2021: 92-101. 9(1)
Nasution, M. Y. K. (2018). Studi Pengaruh Keberadaan Pusat Perbelanjaan Plaza Millenium dan Hambatan Samping Terhadap Kondisi Lalu Lintas di Ruas Jalan Kapten Muslim. 1-49.
Perdikaki, O., Kesavan, S., & Swaminathan, J. M. (2012). Effect of Traffic on Sales and Conversion Rates of Retail Stores. Manufacturing and Service Operations Management, 14(2), 145-162. https://doi.org/10.1287/msom.1110.0356
Prasetya, R. G. (2017). Analisis Kinerja Lalu Lintas Di Jalan Sekitar Terminal Cappa Bungaya Gowa. Transportation, 6-18
Setiati, E. P. (2015). Analisis Dampak Lalu Lintas pada Pusat Perbelanjaan yang Telah Beroperasi Ditinjau Dari Tarikan Perjalanan Studi Kasus pada Megatop Trade Center Palangka Raya.
Situmorang, I. (2012). Pengaruh Pusat Perbelanjaan Baru Terhadap Dampak Lalu Lintas (Studi Kasus: Medan Focal Poin Jl. Ringroad Gagak Hitam)
Sudarsono, A., Ir, N. S., & Sipil, T. (2021). Pengaruh Pusat Perbelanjaan Transmart Terhadap Simpang Di Jalan Hayam Wuruk Jember Sebagai Dampak Bangkitan Perjalanan Baru Transmart Jember The Transportation, 3(1), 46-51.
Widodo, A. S. (2007). Analisis Dampak Lalu – Lintas ( Andalalin ) Pada Pusat Perbelanjaan Yang Telah Beroperasi Ditinjau Dari Tarikam Perjalanan ( Studi Kasus Pada Pacific Mall Tegal ). Masters Thesis, 1(1), 1-115.
Yuniarti, F.,& Najid, N (2019). Pengaruh Hambatan Samping Akibat Aktivitas Tata Guna Lahan Di Jalan Raya Cideng. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 2(2), 55. https://doi.org/10.24912/jmts.v2i2.4294
Rahmadani, Fitria. (2015). Analisa Permodelan Bangkitan Pergerakan Lalu Lintas Pada Tata Guna Lahan SMP di Kota Padang. Jurnal FSTPT Internasional Symposium, STTD. Lampung.