Analisis Kondisi Fisik dan Operasional Terminal Bus Masamba Berdasarkan Persepsi Penumpang
DOI:
https://doi.org/10.33096/pz2pcn45Keywords:
Terminal, CSI, IPAAbstract
Meningkatnya kegiatan transportasi di Kota Masamba akibat perkembangan kota ini membawa konsekuensi terminal dipusatkan di satu lokasi di Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fisik dan kinerja pelayanan Terminal Bus Masamba saat ini. Berdasarkan persepsi penumpang dengan analisa metode Costumer Statisfaction Index (CSI) dan Importance Peformance Analisis (IPA) dengan mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan penumpang melalui 5 indikator yang terdiri dari 36 atribut. Berdasarkan persepsi penumpang terhadap kondisi fisik di Terminal Bus Masamba dengan metode CSI melalui indikator berwujud (tangible) dengan nilai 49,87% nilai ini berada pada rentan 36%-50% yang berarti penumpang merasa tidak puas dan melalui metode IPA ada 6 atribut dari indikator berwujud (tangible) yang berada pada kuadran I prioritas utama yaitu atribut 24,27,28,29,35,dan 36. Berdasarkan persepsi penumpang terhadap kinerja pelayanan Terminal Bus Masamba dengan metode CSI melalui 5 indikator yaitu keandalan, responsif, keyakinan, empati dan berwujud didapatkan nilai keseluruhan dengan nilai 52,89% yang dimana nilai ini berada pada rentan 51%-65% yang berarti penumpang merasa cukup puas. Sedangkan melalui metode IPA terdapat 12 atribut yang masuk kedalam kuadran I yang menjadi prioritas utama yaitu atribut 2,3,8,13,18,20,24,27,28,29,35,dan 36.
References
Angestiwi, T. (2018). Kajian Kondisi Fisik Terminal Leuwipanjang Berdasarkan Persepsi Penumpang. Jurnal Planologi, 15(1), 49. https://doi.org/10.30659/jpsa.v15i1.2660
Arifin, T. S. P., Intari, D. E., & . S. (2017). Analisis Kinerja Operasional Terminal (Studi Kasus Terminal Samarinda Seberang). Jurnal Fondasi, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.36055/jft.v6i2.2428
Enny Istanti, A. F. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.
Kasus, S., Zona, D. I., Barat, B., Latif, F., Kaharu, A., & Yusuf, M. (2021). C o m p o s i t e j o u r n a l. 1(2), 66–72.
Salam, M. H., Anggraeni, S. K., & Ummi, N. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kualitas Kinerja Pelayanan Terminal Seruni Kota Cilegon. Jurnal Teknik Industri Untirta. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jti/article/view/1437