Analisis Faktor-Faktor dan Identifikasi Titik Kemacetan di Jalan Batua Raya, Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/jm77gg28Keywords:
Tingkat Pelayanan, Faktor Kemacetan, KapasitasAbstract
Jalan Batua Raya mengalami kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh tingginya volume kendaraan berbanding terbalik dengan kapasitas yang ada. Dari jenis jalan merupakan jalan sekunder yang memiliki Panjang ruas jalan 1,32km. Maksud tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi titik-titik dan mengetahui faktor-faktor penyebab kemacetan,dan memberikan alternatif solusinya. Dari hasil analisis penelitian maka titik yang mengalami kemacetan terbesar adalah pada titik 4,yaitu di sekitar jembatan batua raya dengan volume lalu lintas sebesar 1063 smp/jam,hambatan samping sebesar 595,2 dengan kelas H (height),kapasitas sebesar 1242,35 smp/jam,nilai derajat kejenuhan sebesar 0,86 dan tingkat pelayanan E
References
Apriyono, T., & Rumlus, D. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mengakibatkan Kemacetan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Budi Utomo dan Jalan Hasanuddin di Kota Timika. Jurnal Kritis, 5(2), 96–114. http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/179/121
Herman, Said, L. B., & Syarkawi, M. T. (2021). Analisis Pengaruh Karakter, Regulasi dan Jaringan Jalan Terhadap Tingkat Kemacetan Pada Ruas Jalan Nasional (Kasus Ruas Jalan Maros- Pangkep di Kabupaten Pangkep). Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(2), 135-140. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i2.338
Kadir, H., Jihad, A., & Junaid, A. (2023). Analisis Lanjutan Model Bangkitan Perjalanan pada Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 8(1), 10-21. https://doi.org/10.33096/jtsm.v8i1.622
Kusumawaty, D., & Susilo, B. H. (2020). Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan M.H. Thamrin Kota Tangerang. Jurnal Rekayasa Lingkungan Terbangun Berkelanjutan, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.25105/jrltb.v1i1.7791
Maryam, S., Said, L. B., & Hajrah. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Persimpangan Jalan di Kota Makassar. Journal Flyover(JFO), 01(01), 41–49.
Mustafah, S., Said, L. B., & Hafram, S. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kemacetan Lalu Lintas Serta Dampak Sosial Ekonomi Bagi Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(3), 236-242. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i3.351
Safira, E., & Khuluqi, F. S. (2023). Analisis Tingkat Kemacetan dan Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Sultan Hamid II Kecamatan Pontianak Selatan. Georeference: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi Universitas Tanjungpura, 1(1), 36–43.
Said, L. B., Syafei, I., Alkam, R. B., Febriansya, & Amri, A. (2023). Penerapan Manajemen Lalu Lintas untuk Menanggulangi Kemacetan Lalu Lintas (Simpang Bersinyal Jln. Monginsidi – Jln. Bulu Kunyi). Jurnal Teknik Sipil MACCA, 8(2), 130-141. Retrieved from https://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/jtsm/article/view/738
Shalihah, F. F., Said, L. B., & Syafei, I. (2021). Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Pemilikan Kendaraan Bermotor Sebagai Dampak Kemacetan di Kota Makassar. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 6(2), 118-125. https://doi.org/10.33096/jtsm.v6i2.336
Siswanto, A. (2012). Kajian Tingkat Kemacetan Lalu Lintas pada Jaringan Jalan yang Menjadi Akses Masuk Kota Semarang. Geo-Image, 1(1), 82–88.
Supriadi, A., Said, L. B., & Syarkawi, M. T. (2022). Analisis Pengaruh Perilaku, Kepatuhan, Ketegasan, Kebijakan dan Keberadaan Rambu Terhadap Kemacetan. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 7(2), 138-149. https://doi.org/10.33096/jtsm.v7i2.655
 
						



