Analisis Efektivitas Transportai Ojek Online sebagai Pilihan Moda Transportasi di Kecamatan Tamalanrea
DOI:
https://doi.org/10.33096/6wzt1197Keywords:
Transportasi Online, Efektivitas, Regresi Linear BergandaAbstract
Mudahnya transportasi online tidak menutup kemungkinan ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan terutama yang mempengaruhi efetivitas dari penggunaan transportasi online (Grab). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor- faktor yang mempengaruhi efektivitas terhadap pemilihan moda transportasi ojek online (Grab) di Kecamatan Tamalanrea dan menganalisis efektivitas jasa ojek online terhadap pemilihan moda transportasi, Metode analisis regresi linear berganda merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel biaya merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap pemilihan moda transportasi sebesar 25,5% dan variabel kualitas dan keselamatan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling rendah terhadap pemilihan moda transportasi sebesar 25,3%. Tingkat efektivitas ojek online (Grab) secara signifikan dikatakan efektif mencapai 74.46% atau baik. Berdasarkan dari keempat variabel yang mempengaruhi efektivitas seperti variabel biaya, ketepatan waktu, kualitas dan keselamatan.
References
Batubara, I. S. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Transportasi Online (Studi Deskripstif Kuantitatif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Grab di Kalangan Mahasiswa Fisip …. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4690
Damayanti, S. A. S. (2016). Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya. 4(1), 64–75.
Perdana, F. R., & Lestari, U. S. (2019). Analisis Kinerja Ojek Online Di Kota Banjarbaru. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 1(2), 102. https://doi.org/10.31602/jk.v1i2.1778
Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.107
Tutuko, P., David, R., & Sonalitha, E. (2016). Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 76–79.



