Analisis Kondisi Arus, Kapasitas, dan Perilaku Lalu Lintas pada Ruas Jalan Poros Maros-Makassar (Depan Grand Mall Maros)
DOI:
https://doi.org/10.33096/r2z56p40Keywords:
Lalu Lintas, Jalan Nasional, Tingkat Pelayanan, Kinerja Ruas Jalan, MKJIAbstract
Jalan poros Maros-Makassar merupakan ruas jalan nasional yang memiliki arus kendaraan yang padat. Tipe lingkungan jalan pada sekitar ruas jalan ini merupakan daerah komersial yang marak akan pertokoan, tempat perbelanjaan, dan rumah makan. Tingginya lalu lintas berbagai jenis kendaraan di ruas jalan ini termasuk truck dan bus semakin meningkat pada arus mudik dan arus balik. Karakteristik ini juga sangat khas ditemui di depan kawasan Grand Mall Maros. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi arus, kapasitas, dan perilaku lalu lintas pada ruas jalan poros Maros-Makassar. Survei lalu lintas dilakukan untuk mengetahui pada titik pengamatan selama tiga hari (Senin, Sabtu dan Minggu) dalam rentan waktu selama sepuluh jam mulai dari Pukul 11 pagi hingga 9 malam. Hasil analisis data menunjukkan arus terendah yaitu 326,775 smp/jam/lajur dan arus tertinggi yaitu 1138,5 smp/jam/lajur. Adapun kapasitas yang didapatkan berbeda setiap jamnya disebabkan oleh pengaruh hambatan samping yang berbeda pula. Perilaku lalu lintas diwakili oleh derajat kejenuhan, kecepatan rata-rata kendaraan ringan, dan tingkat pelayanan jalan. Menindaklanjuti arus dan kapasitas didapatkan derajat kejenuhan yang tertinggi adalah 0,85 dengan kecepatan rata-rata kendaraan ringan sebesar 37 km/jam. Berdasarkan tabel tingkat pelayanan (LOS) diperoleh nilai “E” sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada ruas jalan tersebut tidak stabil pada jam tertentu.
References
Fadillah, T. N. (2018). Analisis Kerugian Ekonomi dan Dampak Psikologis bagi Pengguna Jalan Akibat Kemacetan Lalu Lintas di Kabupaten Bekasi [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53547
Ismiyati, Marlita, D., & Saidah, D. (2014). Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog), 01(03), 241–248.
Lubis, Y. A. (2016). Analisis Biaya Kemacetan Kendaraan Di Jalan Setiabudi (Studi Kasus Depan Sekolah Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah) (YPSA). Jurnal Warta, 48, 1–16.
Sari, F. A. P. (2011). Analisis Kebijakan Penanganan Kemacetan Lalulintas di Jalan Teuku Umar Kawasan Jatingaleh Semarang dengan Metode Analisis Hirarki Proses (AHP). Universitas Diponegoro.
Sitanggang, R., & Saribanon, E. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan di Dki Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 4(3), 289–296.
Sumarninanring, N. (2020). Biang Macet, Legislator Maros Soroti Grand Mall. Kompasiana.
Yusri. (2012). Pengaruh Pertumbuhan Kendaraan yang Beroperasi pada Ruas Jalan terhadap Karakteristik Lalu Lintas (Studi Kasus pada Jalan Jend. Sudirman Palembang). PILAR Jurnal Teknik Sipil, 7(2), 32–38.