Studi Karakteristik Pergerakan dan Kinerja Ruas Perintis Kemerdekaan Pasca Pembangunan Middle Ring Road

Authors

  • Elfiyusriningsi Syara Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Musvira Febriana Umar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/xvsvkt98

Keywords:

Kemacetan, Karakteristik, Kinerja Ruas Jalan, MKJI

Abstract

Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan IX Kota Makassar, berada di kawasan perdagangan, industri, perkantoran, dan pendidikan yang sangat mempengaruhi meningkatnya volume lalu lintas seperti padatnya aktivitas yang terjadi pada saat pergi dan pulang kantor yang dapat menyebabkan kemacetan pada jalan Perintis Kemerdekaan IX tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan kinerja ruas Perintis Kemerdekaan pasca pembangunan Middle Ring Road. Penelitian ini dilakukan selama tiga hari yaitu Jum’at, Ahad, dan Senin, yang diambil pada Pukul 07.00-10.00 WITA dan 14.00-17.00 WITA. Perhitungan pada kapasitas jalan ditinjau menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1994. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik dan kinerja ruas di Jalan Perintis Kemerdekaan IX pasca pembangunan Middle Ring Road yang didapatkan bahwa volume lalu lintas tertinggi terdapat pada Pos B hari Jum’at yaitu 6788,8 smp/jam, dengan kecepatan yaitu 5,97 km/jam, serta kepadatan yang dihasilkan yaitu 1137,15 smp/jam. Nilai tingkat pelayanan yang dihasilkan yaitu C yang merefleksikan arus lalu lintas yang masih stabil, serta jam puncak hambatan samping yang dihasilkan yaitu 2030,9 smp/jam yang berarti kelas hambatan samping yang berada pada Jalan Perintis Kemerdekaan sangat tinggi (VH) sehingga mempengaruhi kinerja jalan.

 

References

BBPJN Sulsel. (2019). Berita > Simulasi Rekayasa Lalu Lintas MRR.

Desembardi, F., Sukrisman, A., Ulayanto, H., & Pristianto, H. (2018). Analisis Kinerja Ruas Jalan Terhadap Pengaruh Hambatan Ssamping Pada Jalan A.M. Ssangaji Gonof Km.12 Kota Sorong. Jurnal Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong, 2(3).

Istianto, B., Suharti, E., & Ismaryati, E. (2019). Transportasi Jalan di Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya (Melvana (ed.); Cetakan Pe). Melvana Publishing.

Kermite, A. B., Timboeleng, J. A., & Kaseke, O. H. (2015). Analisa Kerja Ruas Jalan S. Tubun. Jurnal Sipil Statik, 3(10), 709–717.

Mediawati, M. G. S. K. (2017). Stres Pengendara Motor Pada Kemacetan Lalulintas Di Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2021-01-31