Analisis Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Boulevard Kawasaan Mall Panakkukang Kota Makassar

Authors

  • Fadil Febriansyah R. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muh. Anshari Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Abdul Kadir Salim Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Abdul Kadir Salim Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Asma Massara Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/yekk0t30

Keywords:

Kapasitas Jalan, Parkir Badan Jalan, Tingkat Pelayanan, Derajat Kejenuhan

Abstract

Pembangunan di Kota Makassar mengalami perkembangan yang sangat pesat ditandai dengan tingginya pertumbuhan ekonomi yang menimbulkan persoalan baru dalam transportasi khususnya kemacetan karena tingginya pergerakan lalu-lintas akibat dari guna lahan. Penelitian ini dilatarbelakangi kemacetan yang diakibatkan aktivitas parkir pada badan jalan di ruas Jalan Sekitar Ruas Jalan Boulevard Kawasan Mall Panakkukang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak parkir pada badan jalan terhadap kinerja lalu lintas dan mencari upaya pengendalian parkir pada badan jalan di lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan langsung di dua titik pengamatan dan pengambilan data di lapangan berupa data volume lalu-lintas dan voume parkir. Survei lalu lintas dilakukan pada hari Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu untuk mewakili hari kerja dan hari libur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume maksimum pada Jalan Boulevard (Arah Jl. Adhyaksa-Jl.Pettarani) yaitu 2308,05 smp/jam, sedangkan untuk (Arah Jl.Pettarani-Jl.Adhyaksa) yaitu 1971,95. Nilai ini masih lebih kecil dari kapasitas jalan yang tersedia yaitu 3492,72 smp/jam dan 3136,32 smp/jam. Dengan demikian ruas jalan tersebut masih layak dan memadai dalam menampung volume lalu lintas meskipun terdapat parkir di badan jalan yang diamati. Adapun alternatif menanggulangi parkir pada badan jalan dapat dilakukan dengan cara pembatasan ruang parkir dan peningkatan tarif parkir.

References

Ismanto. 2008. Parkir Dalam Sistem Transportasi. Skripsi Sarjana Universitas Diponegoro Surabaya.

Ansyori, Alik, 2006 dalam Desi Puspitasari, 2016. Rekayasa Lalu Lintas edisi

Revisi Cetakan Kedua. Malang: UMM Press.

Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka Tahun 2016. Makassar.

Departemen Perhubungan. 1994. Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 4

Tahun 1994 tentang Tata Cara Parkir Kendaraan Motor di Jalan. Jakarta

Desi Puspitasari. 2015. Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas

Jalan di Jalan Pengayoman Kota Makassar, Skripsi Sarjana. Fakultas Sains

dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota. (1998). Pedoman

Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Direktorat Jendral Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT). 2014.

”Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI)”. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996) Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Edward K. Morlok. 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi.

Erlangga. Jakarta.

Fitria Jauharotul Islamiyah Dieska Putri. 2014. Kajian Tentang Evaluasi On Street

Parking di Jalan Suniaraja Kota Bandung. Skripsi Sarjana. Universitas

Pendidikan Indonesia. Bandung.

Hobbs, F. D. 1995. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

I Gusti Raka Purbanto. 2012. Karakteristik Parkir Pinggir Jalan (On Street Parking) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ruas Jalan: Studi kasus pada Ruas Jalan Sutoyu Denpasar. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16, No. 2, Juli 2012: 167-176.

Imam Mukti. 2014. Sistem Transportasi Perkotaan, (Media Online:http://paradigmakaumpedalaman.blogspot.co.id/sistem-transportasiperkotaan.html. 2011) diakses pada 25 September 2016.

Lucia Desti Krisnawati, ST., MM. 2014. Kajian Pengaruh Kinerja Ruas Jalan

Akibat Parkir Di Badan Jalan Hos Cokroaminoto (Pasar Pahing) Kota

Kediri. Jurnal Ilmiah Berkala Universitas Kadiri, Februari-Maret 2014: 19.

Manunggal S.A.Gea dan Harianto, Joni. 2011. Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan: Studi Kasus Pasar dan Pertokoan di Jalan Besar Delitua. Medan. Jurnal Teknik Sipil: 1-10.

Ofyar S. Tamin. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung

Peraturan Mentari Perhubungan No. K 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Jalan.

Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.

Prasetiyo, James A. Timboeleng, & Hanny Poli. 2014. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Pada Kawasan Pusat Perdagangan Kota Tomohon.

Jurnal Teknik PWK Universitas Sam Ratulangi, Manado. Vol.6, No.3, November 2014: 1-8.

Putu Alit Suthanaya. 2010. Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Ruang Parkir

Pada Pusat Perbelanjaan Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14, No. 1, Januari 2010: 10-19.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1980 Pasal 4 Tentang Jalan

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas

dan Angkutan Jalan

Silvia Sukirman. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova Bandung. Makassar.

Warpani, Suwarjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Institut Teknologi

Bandung. Bandung.

Winarno Surakhmad. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan

Tekhnik. Bandung: Tarsito.

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Downloads

Published

2020-04-30