Alternatif Penanggulangan Kemacetan Simpang Tiga

Studi Kasus Jl. Abd. Dg. Sirua – Jl. Adyaksa Baru

Authors

  • Indryani Melsa Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Almayana Alwi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Maryam H. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/sgxe3z41

Keywords:

Simpang, Kemacetan, Alternatif

Abstract

Salah satu titik kemacetan yang berada di kota Makassar yaitu simpang bersinyal Jl. Abdullah Daeng Sirua - Jl. Adyaksa Baru . Lokasi ini dinilai kompleks karena terkait dengan kawasan komersial pada beberapa jalur pendekat dengan volume lalu lintas yang terus meningkat karena masyarakat terus melakukan aktivitas seperti berangkat kerja, sekolah dan berbagai atktivitas lainya, pengaturan lampu lalu lintas yang kurang mendukung menyebabkan simpang tersebut sering mengalami antrian yang panjang. Kemacetan akan menimbulkan berbagai dampak negatif baik dari segi pengemudi kendaraan, segi ekonomi maupun lingkungan. Oleh sebab itu diperlukan alternatif untuk penanggulangan kemacetan di persimpangan tersebut. Melalui penelitian yang akan dilakukan terhadap kinerja simpang tiga Jl.Abdullah Daeng Sirua - Jl.Adyaksa Baru mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Berdasarkan hasil survey maka diperoleh beberapa faktor penyebab kemacetan di persimpangan tersebut seperti faktor manusia, faktor ksendaraan dan faktor simpang itu sendiri. Berdasar dari faktor-faktor tersebut maka di dapatkan alternative penanggulangan kemacetan di persimpangan yakni mengurangi titik konflik, meresign traffic light, memperbaiki dan memperbarui marka jalan sesuai design dan meningkatkan kesadaran pengguna jalan dan aparat lebih tegas dalam menindak lanjuti para pelanggar.

References

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta

Anonim, 2018. Kota Makassar Dalam Angka, Badan Pusat Statistik, Kota Makassar

Clarckson H, Oglesby. 1999. Alih Bahasa, Teknik Jalan Raya Jilid 1, Gramedia, Jakarta.

Ifran, Ifsan dkk, 2015, Analisis Kinerja Ruas Jalan Dengan Menggunakan MKJI

Jalan AKBP Cek Agus Palembang, Universitas Tridinanti. Palembang

Koloway, Barry, 2009, Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr. Satrio DKI Jakarta. Institut Teknologi Bandung. Bandung

Morlok, E., K. 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga

Munawar, Ahmad, 2011, Dasar – Dasar Teknik Transportasi, Beta Offset

Novalia, Cindy, 2016, Analisa Dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol – Jalan Sisingamangaraja). Universitas Lampung. Lampung

OECD/ECMT.2007.Managing Urban Traffic Congestion.Transport Research Center

Rizani, Ahmad, 2013, Evaluasi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus pada jalan soetoyo s Banjarmasin), 1(1), Unit Pelaksanaan Teknis Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Hasnur Banjarmasin

Suherdiyanto, 2016, Analisis Faktor-faktor Penyebab kemacetan Lalu Lintas di Sepanjang jalan H Rais A Rahman Kota Pontianak. IKIP Pontianak. Pontianak

Sukirman, S. 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya, penerbit Nova, Bandung.

Tamin, Ofyar Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, penerbit ITB, Bandung.

Wini Mustikarani, Suherdiyanto, 2016, Vol. 14, No. 1 Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Sepanjang Jalan H Rais A Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak. IKIP PGRI Pontianak

Downloads

Published

2020-04-30