Analisis Bangkitan Pergerakan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol di Kota Makassar

Authors

  • Yulia Rezki Pratiwi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Nurherianti Syam Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Mukhtar Thahir Syarkawi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Fatmah Arsal Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/hgn6r971

Keywords:

Analisis, Regresi, Bangkitan, Korelasi, Determinasi

Abstract

Dengan tingginya mobilitas dalam kehidupan masyarakat di kota Makassar, kebutuhan sarana transportasi juga meningkat. Kepadatan lalulintas akibat bangkitan yang terjadi khususnya daerah jalan tol sebisa mungkin dapat teratasi dengan cepat mengingat jalan tol memiliki fungsi khusus dalam mengefisienkan waktu. Sebagai ibukota provinsi,kota Makassar  sudah seharusnya meningkatkan pembangunan jalan tol sebagai alternatif dalam mengatasi bangkitan pada daerah tersebut. Dalam penelitian ini,data primer didapatkan melalui survei langsung, yaitu menghitung kendaraan pribadi dan umum serta membagikan kuisioner kepada para masyarakat yang melalui jalan tol di kota Makassar.sedangkan data sekunder didapatkan seperti peta lokasi pembangunan jalan tol. Metode regresi yang meliputi uji linearitas, korelasi, determinasi dan multikolinearitas serta guna memperoleh model terbaik menurut nilai Determinasi (R2), nilai konstanta regresi, banyaknya variabel bebas dan tanda koefisien regresi untuk menganalisis data. Dari model tersebut, didapatkan 2 persamaan yakni, untuk jalur masuk adalah Y=0,505+ 0,097(X1)+ 0,101(X2) + 0,108(X3)+ 0,087(X4)+ 0,088(X5)+ 0,001(X6)+ 0,113(X7)+ 0,019(X8)+ 0,053(X9)+ 0,103(X10) dengan R2=0,811 dan pada jalur keluar adalah Y= 0,809+ 0,082(X1)+ 0,055(X2)+ 0,080(X3)+ 0,080(X4)+ 0,130(X5)+ 0,012(X6)+ 0,006(X7)+ 0,068(X8)+ 0,129(X9) –0,013(X10) dengan R2= 0,511.

References

Gross, A. (2018). Chapter III: Research method. In Reaching wa’y. https://doi.org/10.1515/9783112208854-006

Gujarati, D. N. (2003). Ekonometrika Dasar. In Jakarta : Erlangga.

Imam Ghozali. (2009). No Title: Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Vol. 1).

Lavrakas, P. (2013). Snowball Sampling. In Encyclopedia of Survey Research Methods. https://doi.org/10.4135/9781412963947.n535

Mahendra, k. Y., Susilawati, M., Suciptawati, n. L. P., Province, T., West, O., Ningsih, D. S., Matulessy, E. R., Matualage, D., & Basuki, A. T. (2017). Uji Multikolinearitas dan Perbaikan Multikolinearitas. Bahan Ajar Ekonometrika, 10(1).

Sujarwadi, S. (2011). Validitas dan reliabilitas Instrumen penelitian. Metode Penelitian Survai, 6(87).

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan dan pemodelan transportasi.

Downloads

Published

2019-07-31