Evaluasi Keselamatan Lalu Lintas pada Jalan Utama di Kota Makassar Berdasarkan Konsep Transportasi Berkelanjutan

Authors

  • Agus Dwiyanto Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Hasrul Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Lambang Basri Said Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Zaifuddin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/mnd40379

Keywords:

Transportasi Berkelanjutan, Indikator Sosial, Tingkat Kecelakaan

Abstract

Pesatnya pertumbuhan transportasi di suatu wilayah berdampak pada tingginya pergerakan yang secara negatif menimbulkan problematika lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan lalu lintas dengan terlebih dahulu mengidentifikasi karakteristik kecelakaan lalu lintas di Kota Makassar. Data jumlah kecelakaan lalu lintas dikumpulkan berdasarkan faktor keberlanjutan transportasi pada indikator sosial dari segi keselamatan jalan raya di Kota Makassar mulai tahun 2014 sampai 2017. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survei pada aparat kepolisian dimana data-data diambil langsung pada Polrestabes Makassar untuk mengetahui tingkat kecelakaan pada empat tahun belakangan demi mengetahui seberapa tidak terpenuhinya tingkat keselamatan lalu lintas di Kota Makassar untuk keberlanjutan transportasi jalan raya. Berdasarkan tingkat kecelakaan lalu lintas yang ada di Makassar pada tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017 terdapat (16,9%, 17,6%, 19,9% dan 22,7%) angka kecelakaan dari jumlah kendaraan yang ada di Kota Makassar. Berdasarkan tingkat fatalitas jumlah kematian yang ada pada tahun 2014¸ 2015, 2016 dan 2017 akibat kecelakaan lalu lintas yaitu (10,5%, 10,7%, 18,1% dan 19,4%) dari total korban kecelakaan di Kota Makassar. Kedua indikator tersebut menunjukan tren meningkat, sehingga dapat dikatakan bahwa indikator keselamatan lalu lintas dalam transportasi berkelanjutan di Kota Makassar belum terpenuhi dalam batas-batas evaluasi keselamatan lalu lintas yang dilakukan dalam penelitian ini.

References

Fadilah, A. N. (2017). Hubungan Antara Kepemilikan Sim C Dan Keikutsertaan Dalam Tes Pembuatan Sim Dengan Pengetahuan Berkendara Dan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Sidoarjo. The Indonesian Journal of Public Health, 12(2), 167–178. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.167-178

Halim, H., Ramli, M. I., Adisasmita, S. A., & Aly, S. H. (2017). Kecelakaan Sepeda Motor di Kota Makassar. Jurnal Transportasi, 17(2), 155–164.

Herawati, H. (2014). Karakteristik Dan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tahun 2012. Warta Penelitian Perhubungan, 26(3), 133–142. https://doi.org/10.25104/warlit.v26i3.875

Permana, B. E. (2012). Faktor Penyebab Pelanggaran Lalu Lintas oleh Pengendara Sepeda Motor di Kota Kuningan. Universitas Negeri Semarang.

Wulansari, I., Ramli, M. I., & Aly, S. H. (2017). Investigasi Potensi Besaran Produksi Logistik Di Kota Makassar. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-20 Universitas Hasanuddin, 20, 934–943.

Downloads

Published

2019-07-31