Analisa Penilaian dan Penanganan Kondisi Jalan Menggunakan metode SDI, RCI dan IRI di Ruas Jalan Maros – Pangkep

Authors

  • Ahmad Zulfikar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Ta’jul Arifin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • St. Fauziah Badaron Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Muhammad Haris Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author
  • Alimin Gecong Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33096/9wbcv168

Keywords:

Pemeliharaan jalan, Evaluasi kondisi jalan, IRI, SDI, RCI

Abstract

Pentingnya peran ruas jalan Maros- Pangkep sebagai jalur penghubung pusat kegiatan dan industri antara tiga zona administratif di Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Pangkep menyebabkan tingginya kebutuhan pergerakan di ruas jalan itu. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan tindakan pemeliharaan ruas jalan yang tepat berdasarkan hasil evaluasi kondisi lapisan permukaan perkerasan jalan berdasarkan metode International Roughness Index  (IRI),  Surface Distress Index  (SDI)  dan  Road Condition Index (RCI). Pengumpulan data dengan survei lapangan dilakuakan yaitu melalui observasi kondisi jalan secara visual untuk kebutuhan evaluasi dengan metode SDI dan RCI. Selain itu, pengamatan dengan mobil dibutuhkan sebagai data masukan untuk analisis nilai IRI menggunakan aplikasi Roaddroid. Hasil evaluasi dengan metode IRI yaitu 71% segmen jalana yang diamati dalam kondisi baik, 29% kondisi sedang, tidak ditemukan kondisi rusak ringan dan rusak berat. Untuk metode SDI, 78.6% jalan terpantau dalam kondisi baik, 10.7% kondisi sedang, 7.1% rusak ringan, dan 3.6% dikategorikan rusak berat. Untuk metode RCI, 93% kondisi baik, dan 7% kondisi sedang, tanpa segmen jalan yang dinilai rusak ringan dan rusak berat. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi dalam penentuan kebijakan dan tindakan preventif/ pemeliharaan jalan di ruas Jalan Maros-Pangkep.

References

Anisarida, A. an. (2017). Evaluasi Kondisi Permukaan Jalan Dengan Metode Road Condition Index (RCI). Geoplanart, 2(1), 13–21.

Asri, T. C. (2015). Analisa Kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI), Peningkatan Struktur Jalan dengan Metode Analisa Komponen dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Tangen-Sragen, KM 3+ 000–5+ 500. In Universitas Sebelas Maret.

Hamdi, Hadiwardoyo, S. P., Correia, A. G., Pereira, P., & Cortez, P. (2017). Prediction of Surface Distress Using Neural Networks. AIP Conference Proceedings, 1855(June 2017). https://doi.org/10.1063/1.4985502

Karels, D. W., & Frans, J. H. (2018). Indeks Permukaan Perkerasan Jalan Di Kompleks Kampus Undana Dengan Pemeriksaan Visual Menggunakan Metode Pci Dan Rci. Jurnal Teknik Sipil, VII(1), 81–92.

Munggarani, N. A., & Wibowo, A. (2017). Kajian Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Perkerasan jalan Lentur dan Pengaruhnya terhadap Biaya Penanganan. Jurnal Infrastruktur, 3(01), 9–18.

Umi, T., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Index (PCI) untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek, 0(0), 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/685

Yudaningrum, F., & Ikhwanudin, I. (2017). Identifikasi Jenis Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kedungmundu-Meteseh). Teknika, 12(2), 16–23. https://doi.org/10.26623/teknika.v12i2.638

Downloads

Published

2019-07-31