Analisis Hubungan Kecepatan, Volume, dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Antang Raya Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/cdd05643Keywords:
Kecepatan, volume, kepadatan, lalu lintasAbstract
Seringnya terjadi kemacetan di Jalan Antang Raya Makassar utamanya di waktu sibuk dipicu akibat pesatnya pertumbuhan kendaraan pribadi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui keterkaitan tiga parameter karakteristik lalu lintas yaitu kecepatan, volume, dan kepadatan dan menghitung kapasitas jalan di Jalan Antang Raya Makassar. Data primer meliputi data geometrik dan volume lalu lintas sedangkan data sekunder meliputi dokumentasi serta data lainnya. Setelah data terkumpul, uji statistik berupa analisa regresi linier dilakukan untuk menghitung nilai parameter model. Selanjutnya dirumuskan model Greenshield menggunakan persamaan matematis, mengikuti persamaan model yang telah dirumuskan pada setiap jenis model yang diamati. Volume jam puncak Jalan Antang Raya tercatat untuk hari pengamatan Senin pukul 17.00-18.00 pada Pos I yaitu: 0,847783<1 yang berarti masih memenuhi syarat kelayakan.Volume lalu lintas maksimum di Pos II juga terjadi di Hari Senin tepatnya pukul 17.00-18.00 wita yaitu: 0,857633<1 yang berarti masih memenuhi syarat kelayakan.Volume jam puncak Jalan Antang Raya hari Rabu pukul 17.00-18.00 Wita pada Pos III yaitu : 0,873399<1 yang berarti masih memenuhi syarat kelayakan.
References
Fitriani, E. (2014). Identifikasi Dampak Kinerja Ruas Jalan Terhadap Rencana Penerapan Kebijakan Ganjil Genap (Studi Kasus: Pergerakan Kendaraan Bermotor dari Depok Menuju DKI Jakarta). Warta Penelitian Perhubungan, 26(12), 717–730.
Funan, G. A., Cornelis, R., & Hunggurami, E. (2014). Studi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping Di Jalan Timor Raya Depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang. Jurnal Teknik Sipil Nusa Cendana, 3(1), 1–12.
Julianto, E. N. (2010). Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 12(2), 151–160. https://doi.org/10.15294/jtsp.v12i2.1348
Nursalam, T. muhammad taufiq. (2016). Analisis Hubungan Volume, Kecepatan, dan Kepadatan Arus Lalu Lintas pada Ruas Jalan Prof. Dr. H.B. Jassin dengan membandingkan Metode Greenshield dan Metode Greenberg. Teknik Sipil & Perencanaan, 6(1), 59–68.
Puspitasari, D. E. (2010). Penataan Pedagang Kaki Lima Kuliner Untuk Mewujudkan Fungsi Tata Ruang Kota Di Kota. Mimbar Hukum, 22(3), 588–606.
Salim, A. K., Said, L. B., & Alkam, R. B. (2018). Pengembangan Model Geometrik dan Pengaturan Simpang Sebidang Ramah Lingkungan Wilayah Perkotaan. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 13–18. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/680/573
Saputra, O. F., Hadi, M. P., & Suharyadi, S. (2017). Simulasi Penggunaan Lahan dan Transportasi Massal untuk Pemodelan Pelayanan Jalan di Koridor Jalan Godean. Majalah Geografi Indonesia, 31(2), 88. https://doi.org/10.22146/mgi.29782