Pengaruh Geometrik Simpang Bundaran Terhadap Keamanan dan Kelancaran Berlalu Lintas
Studi Kasus Pada Bundaran Samata Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.33096/pfrxvg29Keywords:
Geometrik, keamanan, kelancaranAbstract
Geometrik bundaran sangat mempengaruhi kelancaran berlalu lintas. Seringkali terjadi konflik lalu lintas di bundaran yang disebabkan oleh geometrik yang tidak memadai sehingga peran keamanan dalam bundaran berkurang. Penelitian ini dilakukan pada simpang bundaran samata empat lengan yang sering terjadi kemacetan pada jam sibuk karena merupakan daerah yang terletak antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh geometrik simpang bundaran terhadap keamanan dan kelancaran berlalu lintas. Panduan MKJI 1997 bagian dari metode pengumpulan data pada hasil survey yang dilaksanakan dengan mengambil data secara langsung di lapangan. Geometrik simpang bundaran samata tidak memadai untuk tingkat keamanan yang baik khususnya pada geometrik jalan Tamangapa Raya dengan lebar masuk pendekat 5 m dan lebar ruas jalan 6 m yang menampung volume lalu lintas 2475,00 smp/jam sehingga tingkat pelayanan jalan ini yaitu E. Sedangkan geometrik jalan M. Yasin Limpo dengan lebar masuk 5,5 m dan lebar ruas jalan 7 m, menampung volume lalu lintas 2280,00 smp/jam dengan tingkat pelayan C. Kondisi lalu lintas seperti ini akan mengakibatkan konflik di simpang bundaran sehingga terjadinya peluang antrian 37,98 % - 131,91 % di area simpang bundaran dan bundaran tidak aman dilintasi bagi pengguna jalan.
References
Alkam, R. B., Said, L. B., Syafei, I., Febriansya, & Amri, A. (2023). Penerapan Manajemen Lalu Lintas untuk Menanggulangi Kemacetan Lalu Lintas. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 8, 130–141. https://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/jtsm/article/view/738%0Ahttps://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/jtsm/article/download/738/468
Anshorulloh, M. R., Herlina, N., & Prima, G. R. (2021). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Bundaran (Studi Kasus: Bundaran Cibiru Bandung). Akselerasi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2(2). https://doi.org/10.37058/aks.v2i2.2761
Anthony, W., Ginting, J. M., & Wibowo, P. H. (2020). Penilaian Simpang Tak Bersinyal Bundaran Jalan Duyung dan Jalan Raja Ali Haji Kota Batam Menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) W. JURMATEKS : Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Sipil Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022, 13(1), 55–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.30737/jurmateks Penilaian
Bararatin, K., & Hayat, A. (2024). Kriteria Pemanfaatan Ruang Bundaran Warusurabaya Dalam Mendukung Kehidupan Perkotaan Yang Keberlanjutan. AKSEN: Journal of Creative Industry, 8(2), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/aksen.v8i2.4197
Basri, L., Syafey, I., & Halim, A. M. (2023). Analisis Kinerja dan Alternatif Pengendalian Kemacetan Pada Ruas Jalan Poros Pallangga Kabuapten Gowa. NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5952–5963. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Budiharjo, A., Sahri, A., & Purwanto, E. (2021). Kajian Manajemen Lalu Lintas Kawasan Central Business District (CBD) di Kota Tegal. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 8(1), 38–52. https://doi.org/10.46447/ktj.v8i1.291
Darmawan, M. S., Ginting, J. M., & Umar, U. H. (2022). Tinjauan Kelancaran Arus Lalu Lintas pada Area Bundaran Simpang Barelang di Wilayah Batu Aji Batam dengan Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 M. JURMATEKS : Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Sipil Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/jurmateks.v5i1.2861
Gecong, A., Said, L. B., Syarkawi, M. T., Ramadhan, L. O. M., & Dinra, L. O. M. W. F. (2022). Proyeksi Kinerja Ruas Jalan A.P Pettarani Makassar Pasca Penerapan Jalan Tol Layang. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 7(2), 168–177. https://doi.org/10.33096/jtsm.v7i2.662
Indralam, F. (2023). Kinerja Simpang Dengan Bundaran Di Jalan Diponegoro Bandar Lampung. Digital Repository UNILA, 19(5), 1–23.
Maryam, S., Said, L. B., & Sriwati. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Kendaraan Dan Kapasitas Jalan Terhadap Kemacetan Di Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan. OSFPREPRINTS, 3(1), 79–86. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/kpw6e
Maullana, D. T. (2021). Analisa Kinerja Bundaran Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji 1997) (Studi Kasus : Bundaran Simpang Lima, Kota Tasikmalaya). Universitas Siliwangi, Mkji 1997. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5219%0Ahttp://repositori.unsil.ac.id/5219/3/BAB II.pdf
Saputro, Y. A. (2022). Tingkat Pelayanan (Level of Service) di Simpang Ruwet Kabupaten Jepara. Bentang : Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 10(2), 121–130. https://doi.org/10.33558/bentang.v10i2.3198
Setiono, B., Putra, F. P., & Abriantoro, A. P. (2022). Efektifitas Kinerja Simpang Tak Bersinyal Bundaran Kelapa Gading Dengan Simpang Bersinyal. JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL, 07(01), 1–12.
Syarkawi, M. T., H, S. M., Alkam, R. B., Aldin, D. P., & Maulidyawati, M. (2023). Studi Kinerja Simpang Tak Bersinyal dengan Bundaran ( Studi Kasus Jl . Tun Abd . Razak – Jl . H . M . Yasin Limpo ). Jurnal Teknik SIpil MACCA, 8(1), 79–85.
Theodora, R. T. (2022). Kajian Teknis Terhadap Kelayakan Bundaran Di Kota Bandar Lampung. UNIVERSITAS LAMPUNG, 1–23.