Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Terhadap Perilaku Lalu Lintas Jl. Pramuka – Jl. Chairil Anwar di Kab. Kolaka
DOI:
https://doi.org/10.33096/y7cw3826Keywords:
Persimpangan, Waktu sinyal, KinerjaAbstract
Persimpangan Jl. Khairil Anwar merupakan salah satu persimpangan yang cukup padat di Kota Kolaka, kondisi persimpangan.akibat peningkatan penggunaan kendaraan pribadi mengakibatkan permasalahan pada simpang. Permasalahan pada simpang berupa tundaan yang tinggi yang di akibatkan oleh peningkatan pengguna jalan dan seringnya terjadi kecelakaa akibat kurang tertibnya pengguna jalan dan. Pengaturan lampu lalu lintas (traffic light) yang dioperasikan saat ini belum dapat mengatasi kemacetan yang sering terjadi terutama pada jam-jam sibuk. Maksud dari penelitian yaitu untuk membandingkan pengaturan waktu sinyal hasil analisis dengan waktu sinyal eksisting yang diterapkan dan untuk menganalisis kinerja persimpangan bersinyal Jl. Chairil Anwar- Jl. Pramuka. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Manual Kapasitas jalan Indonesia (MKJI 1997). Dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu 1). Perbandingan antara pengaturan waktu sinyal hasil analisis dengan waktu sinyal eksisting yang diterapkan pada persimpangan Jl. Khairil Anwar – Jl. Pramuka yaitu tidak terlalu banyak selisih, dimana total waktu siklus eksisting 88 detik dan setelah penyesuaian 89,231 deti, 2). Kinerja persimpangan bersinyal Jl. Khairil Anwar – Jl. Pramuka yaitu menghasilkan nilai D (arus tidak stabil).
References
Abdurrahim, A., & Sukarno, S. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Gomong Mataram Ber- Dasarkan Pada Mkji dan Kaji 1997. Jurnal Teknik Sipil, 14(4), 219 – 225. http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jts/ article/view/2003.
Abubakar. Dkk. (1995). Sistem Transportasi Kota. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Alhadar, A. (2011). Analisis Kinerja Jalan dalam Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas pada Ruas
Simpang Bersinyal di Kota Palu. Jurnal SMARTek, Nopember 2011, 9(4), 327–336.
Amal, A. S. (2017). Analisis Kinerja Simpang Empat Bersinyal ( Studi Kasus Simpang Empat Taman Dayu Kabupaten Pasuruan). Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA) 2017, l (1), 1–9.
Anonim. (1997). Perencanaan Sistem Angkutan Umum. Lembaga Pengabdian Masyarakat, ITB.
Cahyono, M. S. D., Muhtadhi, A., & Wibisono, R. E. (2021). Evaluasi Kinerja Simpang Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo – Jl. Mayjen Sungkono Terkait Pembangunan Underpass GKB Gresik. Ge- STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 4(1), 35–40. https://doi.org/10.25139/jprs.v4i1. 3609.
Firmansyah, F. (2020). Tugas Akhir Tugas Akhir. Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201,
2(1), 41–49.
Haryanto. (2012). Macam – macam Simpang dan Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya.
Hobbs, F. (1997). Perncanaan dan Teknik Lalu-lintas. UGM Press.
Isradi, M., & Pratama, E. A. (2020). Performance analysis of Unsignal Intersection and Road section with MKJI Method 1997. IJTI (International Journal of Transportation and Infrastructure), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.29138/ijti.v4i1.1 160.
khisty. (2003). No Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Erlangga.
Krisnawati, L. D. (2018). Study Analisa Volume Kendaraan Pada Simpang Bersinyal Di Perempatan Alun-alun Kota Kediri. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 1(1), 101–111.
https://doi.org/10.30737/jurmatek s.v1i1.144.
Listiana, N. T. S. (2019). Analsis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Dramaga-Bubulak. Analsis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Dramaga- Bubulak Bogor, Jawa Barat, 4(1), 69–78.
MKJI 1997, 1997. (1997). Mkji 1997. In
departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” (pp. 1–573).
Pambudi, R. (2017). Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal pada persimpangan jl. raya mojoagung
– jl. raya sumobito – jl. raya mojowarno, mojoagung, jombang. Rakhman, H. F. (2018). Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi
Arus Lalu Lintas Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, 13(3), 97–106.
Sara Paskaria Rumondang, Akhmadali, & Azwansyah, H. (2017). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Major Alianyang
– Jalan Raya Desa Kapur. 1–14.
Sari, R. R. (2015). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Secara Teoritis Dan Praktis. Potensi : Jurnal Sipil Politeknik, 17(1). https://doi.org/10.35313/potensi.v 17i1.517
Warsiti, Sukoyo, & Pamungkas Galih. (2016). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Jalan Kaligarang – Jalan Kelud Raya – Jalan Bendungan. 32–39.
Widyawan, S., & Rukman. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal untuk Meningkatkan Keselamatan pada Simpang
Depok Kota Depok. Airman: Jurnal Teknik Dan Keselamatan Transportasi, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.46509/ajtkt.v1i2
.16
Yuwono, R., Purnomo, Y. C. S., & Krisnawati, L. D. (2018). Study Analisa Volume Kendaraan Pada Simpang Bersinyal Di Perempatan Alun Alun Kota Kediri. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 1(1), 101–111.
https://doi.org/10.30737/jurmatek s.v1i1.144.